Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis India Semakin Meningkat Berlibur ke Bali

Kompas.com - 15/03/2015, 16:41 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Provinsi Bali mencatat penambahan turis India berwisata ke Bali selama dua bulan periode Januari-Februari 2015 sangat signifikan dari 11.795 orang awal 2015 menjadi 17.400 orang, atau naik 47,52 persen.

"Bertambah banyaknya turis negeri Mahatma Gandhi itu ke Bali tentu tidak terlepas dari hubungan baik kedua negara selama ini, baik politik, ekonomi maupun budaya," kata Praktisi Pariwisata Bali Made Sudana di Denpasar, Sabtu (14/3/2015).

Menurut Sudana, selain promosi yang dilancarkan pemerintah cukup berhasil untuk mampu menggaet orang-orang kaya India datang berlibur ke Pulau Dewata dengan latar belakang adanya persamaan budaya yang berlandaskan agama Hindu.

"Secara naluri, manusia berkeinginan mengetahui sesuatu yang ada kesamaan budaya yang didasari perkembangan Agama Hindu antara yang ada di negara asalnya yakni India dengan yang tumbuh dan berkembang di daerah Bali," katanya.

Sudana menambahkan, banyak turis India sangat kagum akan perkembangan agama Hindu di Bali yang lebih menonjolkan seni dan adat budaya setempat, serta berbeda dengan yang ada di India, namun tetap bertumpu terhadap asalnya yakni Hindu.

Itulah menjadi keunikan Bali, sehingga seni budaya yang ada di masyarakat Pulau Dewata yakni tiada hari tanpa ritual adat dan keagamaan, menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat internasional melakukan perjalanan wisata ke daerah ini.

Disamping itu, upaya promosi pariwisata yang pernah dilakukan pemerintah Provinsi Bali ke India tempo hari, tampaknya sudah memberikan hasil yang cukup menggembirakan sebab mampu menambah banyak turis India berkunjung ke Bali.

KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Beginilah suasana Desa Adat Penglipuran, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, merupakan salah satu obyek wisata alam pedesaan andalan Bali. Desa ini memiliki keunikan, seperti keseragaman angkul-angkul (pintu masuk pekarangan rumah).

Made Sudana menjelaskan, adanya hubungan baik yang ditindaklanjuti dengan kerja sama kebudayaan antara Bali dan India, maka diharapkan akan menambah gairah bagi rakyat yang berpenghasilan tinggi di India datang berlibur ke Pulau Dewata.

Demikian juga dengan munculnya pusat-pusat kebudayaan India dengan praktik yoga, serta mendatangkan pelatih dari negeri seberang itu, otomatis akan mampu memberikan informasi tentang budaya Bali setelah mereka kembali ke India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com