Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Khusus Saat Harus Traveling sambil Menyusui

Kompas.com - 05/08/2016, 22:33 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Bepergian bersama bayi memang membutuhkan persiapan khusus. Apalagi jika jarak yang ditempuh untuk bepergian cukup jauh, ke luar kota atau ke luar negeri misalnya.

Persiapan kian bertambah maksimal ketika membawa bayi yang masih menyusui. Tenang Anda dapat tetap melakukan perjalanan tanpa melupakan asupan ASI bagi anak. Berikut adalah tips untuk bepergian bersama bayi yang menyusui:

1. Rencanakan jadwal menyusui

Sebelum pergi, buat jadwal menyusui bagi anak. Taati jadwal yang telah Anda buat, sebab asupan ASI sangat penting bagi anak Anda. Pastikan pula kesehatan tubuh Anda agar asupan ASI tetap lancar selama perjalanan.

2. Pesan tempat duduk yang tepat

Jika Anda bepergian menggunakan pesawat terbang, cobalah untuk memesan tempat duduk di sebelah jendela atau di dekat lorong, jangan di kursi tengah. Letak kursi tersebut terbilang lebih lega untuk posisi bayi menyusui.

Selain itu orang disebelah Anda juga tak merasa terganggu apabila bayi Anda menendang saat menyusui.

Jangan remehkan saat menyusui di dalam pesawat, sebab menyusui dapat mengurangi jet lag bayi dan membantu sakit telinga saat pesawat lepas landas.

3. Pelajari aturan di tempat Anda bepergian

Anda juga harus tahu apakah destinasi tujuan Anda memungkinkan untuk menyusui di tempat umum atau tidak. Meski menyusui adalah hak Anda dan anak, Anda tetap perlu menghormati adat istiadat yang berlaku di destinasi wisata Anda.

4. Jangan lupa imunisasi sebelum bepergian

Ada baiknya sebelum bepergian Anda dan buah hati melakukan imunisasi untuk mencegah terserang penyakit endemik. Imunisasi juga dimaksud untuk menjaga daya tahan tubuh. Selamat bersenang-senang dengan buah hati Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com