Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Warga Berwisata pada Akhir Tahun Tinggi

Kompas.com - 22/12/2016, 18:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Minat masyarakat memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru 2017 tinggi. Sejumlah agen tur dan perjalanan kebanjiran permintaan melayani perjalanan wisata dalam dan luar negeri.

Marketing Communication Manager Dwidaya Tour Yanti Wijaya, Selasa (20/12/2016), mengatakan, masyarakat mulai memesan paket wisata sejak September atau Oktober 2016. Bahkan, banyak tiket sudah dipesan sejak semester I-2016.

”Peningkatan tiket dan paket wisata saat ini mencapai 20-30 persen dibandingkan dengan tahun lalu,” katanya.

Menurut Yanti, daerah wisata dengan pemandangan eksotik, seperti Lombok, Malang, dan Labuan Bajo, masih jadi pilihan. Sementara negara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Eropa, kata Yanti, menjadi tujuan utama wisatawan ke luar negeri.

”Mereka ingin merasakan nikmatnya salju pada malam Natal,” katanya.

Media and Communication Manager PT Panorama Tours Christine Lie mengatakan, omzet perusahaannya naik 30 persen ketimbang tahun lalu.

”Banyak masyarakat kini memanfaatkan diskon dari sejumlah maskapai penerbangan dan pengelola hotel untuk berwisata ke dalam dan luar negeri,” katanya.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Penari Caci di Kampung Lembah Paundoa, Desa Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur. Permainan rakyat ini dilakukan satu lawan satu. Meski saling pukul dan menimbulkan luka, tidak ada dendam diantara kedua pemain.
Menurut dia, Amerika dan beberapa negara Eropa masih menjadi destinasi favorit untuk paket wisata ke luar negeri. Sementara itu, paket wisata domestik yang banyak dipilih adalah Bali dan Lombok.

Sementara itu, Manager Tour Travel Mart Lisa Lie mengatakan, permintaan agen-agen untuk paket wisata kelompok cenderung turun jika dibandingkan tahun lalu.

”Mereka hanya membeli tiket dan pergi wisata tanpa paket. Cara itu dirasa lebih mudah dan praktis,” katanya. (WIE/VIO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com