Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2017, 03:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Masih bingung mencari lokasi wisata ketika berlibur ke DI Yogyakarta selama libur Lebaran 2017? Dinas Pariwisata (Dispar) DIY membuka empat posko untuk memberikan informasi soal destinasi wisata, lokasi hotel, atau event wisata selama hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Meski tak beroperasi selama 24 jam, posko bernama Tourist Information Centre (TIC) itu siap memberikan informasi selama libur Lebaran mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Empat posko TIC itu mulai beroperasi pada Jumat (23/6/2017) sampai Minggu (2/7/2017).

Kepala Dispar DIY, Aris Riyanta, mengatakan bahwa keempat posko TIC itu berada di lokasi yang menjadi tempat datangnya wisatawan dari berbagai daerah dan lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Keempat posko TIC itu berada di Bandara Adisutjipto, Stasiun Tugu, Kantor Dispar DIY di Jalan Malioboro, dan kantor Pusat Penerangan Pariwisata Dispar DIY di Jalan Malioboro.

"Kami juga siapkan contact person untuk menanyakan informasi apapun tentang pariwisata di DIY," ujar Aris kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (23/6/2017).

Aris mengatakan bahwa di posko TIC itu juga disediakan peta pariwisata DIY. Peta pariwisata itu berisi destinasi wisata lama dan baru yang ada di DIY, lokasi kuliner, hotel, dan informasi lainnya yang dibutuhkan wisatawan.

Jika tak sempat datang ke posko TIC, pihaknya juga menyiagakan petugas untuk menjawab informasi melalui sambungan telepon.

"Bisa hubungi Asti di nomor 085643511229 atau Dio di nomor 085726860109 untuk TIC Bandara Adisutjipto, Atmi di nomor 085641518682 dan Ari di nomor 085643919491 untuk TIC di Stasiun Tugu, Marlina di nomor 082138557905 dan Yudi di nomor 085640127273 untuk TIC Malioboro," kata Aris.

Dikatakan Aris, selain memberikan informasi soal pariwisata di DIY, keberadaan TIC itu juga diharapkan untuk memudahkan wisatawan mengatur jadwal. Menurutnya, pengaturan jadwal sangat penting untuk menghindari kepadatan atau kemacetan arus lalu lintas ketika menuju suatu lokasi wisata di DIY.

"Barangkali untuk menuju yogyakarta bisa ditapis kalau membuat suatu jadwal. Bisa diatur melihat dari sisi barat dulu (Kulon Progo), kemudian utara (Sleman), selatan (Bantul, Kota Yogyakarta, dan terakhir timur (Gunungkidul)," ucap Aris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com