Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palembang Jadi Tuan Rumah Hari Belanja Diskon Indonesia 2018

Kompas.com - 30/07/2018, 15:19 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Palembang menjadi tuan rumah gelaran Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2018.

Gelaran belanja berskala nasional ini diadakan dari 8 Agustus - 2 September 2018 serentak di mal seluruh Indonesia.

Selain bertepatan dengan Hari Peringatan Kemerdekaan RI, HBDI tahun ini juga digelar bertepatan dengan Asian Games.

"Wisata belanja di Indonesia menuju tingkat lebih maju, mendatangkan turis dan membuat wisatawan nusantara berpindah dari satu kota ke satu kota. Ini merupakan suatu yang tepat juga karena ada Asian Games, sehingga HBDI bukan hanya memberi kado bagi bangsa tetapi menjadi tuan rumah yang baik bagi para atlet," kata Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia, Budihardjo Iduansjah di acara jumpa pers jelang HBDI 2018 di Gedung Sapta Pesona, Senin (30/7/2018).

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan terharu atas perhatian dunia dan pemerintah terhadap Palembang karena Asian Games.

"Asian Games bukan semata tujuan tetapi alat mencapai tujuan. Tambah lagi banyak yang datang karena HBDI. Palembang begitu banyak mendapatkan promosi ke seluruh dunia tanpa bayar," kata Gubernuur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengusulkan HBDI untuk diselenggarakan online ke depannya.

"Digabung juga dengan logistik, tax refund, dan factory outlet juga," sebut Arief.

Promo diskon antara lain sebesar 73 persen, diskon tambahan 17+8 persen, diskon 73 persen untuk penduduk berusia 73 tahun, minimal bayar 73 persen untuk minimal transaksi tertentu, dan Clearance Sale sampai 73 persen.

Sebagai tuan rumah HBDI 2018, Palembang mengambil tema 'Sriwijaya Great Sale' dengan berbagai rangkaian acara, selain tentunya diskon menarik.

Seperti Pempek Expo & Festival Kuliner Khas Palembang, Songket & Desaigner Expo, Pameran Kebesaran Sriwijaya, Festival Sriwijaya XVIO, Rekor Muri pempek terbanyak dengan 18.818 pempek, serta berbagai kompetisi dan hiburan lokal.

HBDI 2018 merupakan kali kedua diselenggarakan di Indonesia, tahun depan ditargetkan digelar di Bali. Tahun lalu total pencapaian HBDI mencapai Rp 20 triliun, dan tahun ini pencapaian ditargetkan naik sekitar 15-20 persen dari tahun lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com