Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Laing Bakok di NTT, Tempat Warga Lokal Bersantai di Pasir Putih

Kompas.com - 10/04/2023, 07:12 WIB
Markus Makur,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

RUTENG, KOMPAS.com Pantai Laing Bakok di Kampung Woa, Desa Koak, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan pantai berpasir putih yang menjadi tempat warga lokal berwisata bersama keluarga.

Lokasinya ada di Jalan Trans Flores Pantai Selatan.

Kompas.com sempat mampir ke pantai ini pada Sabtu, (8/4/2023). Saat itu, terlihat sejumlah warga lokal memadati pantai untuk berekreasi menghabiskan waktu akhir pekan.

Baca juga:

Adapun "laing" artinya pasir, sementara "bakok" berarti putih.

Sehingga, Laing Bakok dapat diartikan pantai pasir putih.

Selain pasirnya yang putih, Pantai Laing Bakok juga relatif bersih dan belum banyak diketahui.

Warga Kampung Woa, Desa Koak, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Rofinus Dat mengatakan, selain warga kampungnya, warga Kampung Iteng, Tado, dan beberapa kampung lainnya di pantai selatan cukup sering mengunjungi pantai itu untuk berwisata.

Termasuk hari itu, satu hari sebelum perayaan Paskah.

"Sebelum merayakan Perayaan Malam Paskah, warga Woa berwisata dengan tamu dari Kabupaten Ende dan Kabupaten Manggarai Timur. Saya bersama keluarga juga berekreasi di pantai ini," kata Rofinus kepada Kompas.com, Sabtu.

Baca juga:

Di Kecamatan Satarmese, dari arah Timur menuju Barat dan sebaliknya, beberapa pantai di bagian selatan lainnya yang bisa ditemui seperti Pantai Pulau Mules, Pantai Iteng, Panyai Nangapaang, Pantai Ndaong, Pantai Eatu Lajar, dan Pantai Tanjung Toka.

Menurut Rofinus, di antara pantai-pantai tersebut, Laing Bakok lah yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Pantai yang ramai dikunjungi warga lokal adalah Pantai Laing Bokak. Kalau ada acara keluarga seperti merayakan Sambut Baru, keluarga mengadakan makan bersama di Pantai Laing Bakok," tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Akses pantai selatan tembus Golo Mori

Pantai Laing Bakok (berpasir putih), Kampung Wao, Desa Koak, Kecamatan Satarmese, Kab. Manggarai, NTT, Sabtu, (8/4/2023). Pantai berpasir putih terpanjang di Pantai Selatan.KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Laing Bakok (berpasir putih), Kampung Wao, Desa Koak, Kecamatan Satarmese, Kab. Manggarai, NTT, Sabtu, (8/4/2023). Pantai berpasir putih terpanjang di Pantai Selatan.

Menurut Rofinus dan penelusuran langsung oleh Kompas.com, akses jalan raya di pantai selatan akan tembus ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Golo Mori di Labuan Bajo dan Kota Labuan Bajo.

Namun, akses jalan raya pantai selatan belum tembus.

Baca juga: Pantai Kokang, Surga Tersembunyi di Pedalaman NTT

Rofinus berharap, ke depannya akses ke pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Pulau Flores bisa lebih diperhatikan, sehingga lebih banyak wisatawan yang datang.

"Selama ini wisatawan mancanegara dan Nusantara belum melakukan perjalanan wisata di pantai selatan karena terkendala akses jalan yang belum tembus," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com