Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bangunan Ikonis di London Akan Menyala Usai Pelantikan Raja Charles III

Kompas.com - 06/05/2023, 12:51 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Empat bangunan ikonis di London, Inggris, akan dihiasi warna merah, putih, dan biru setelah pelantikan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023) malam.

Bangunan tersebut adalah London Bridge, Tower Bridge, Guildhall, dan Mansion House.

Baca juga:

"Penobatan pertama raja baru dalam 70 tahun akan jadi peristiwa yang cukup penting bagi negara kita," tutur Ketua Kebijakan City of London Corporation, Chris Hayward, dilansir dari Evening Standard, Sabtu (6/5/2023).

Menurutnya, menghiasi bangunan-bangunan ikonis tersebut dengan warna merah, putih, dan biru merupakan cara nyata untuk merayakan penobatan sekaligus menunjukkan dukungan kota tersebut.

Masyarakat bisa menyaksikannya pada Sabtu malam setelah upacara pelantikan, tepatnya dari pukul 20.00 hingga tengah malam waktu setempat. 

Baca juga:

Masyarakat melihat The Elizabeth Tower, yang dikenal luas sebagai Big Ben, menampilkan aneka gambar pada Kamis (4/5/2023) menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023).Dok. AFP/Odd Andersen Masyarakat melihat The Elizabeth Tower, yang dikenal luas sebagai Big Ben, menampilkan aneka gambar pada Kamis (4/5/2023) menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023).

Sebagai informasi, London Bridge dan Tower Bridge merupakan merupakan jembatan ikonis yang letaknya saling berdampingan, dikutip dari laman resminya.

Tower Bridge terbentang antara Tower Hamlets dan Southwark, dekat Tower of London dan Old City Hall, sedangkan London Bridge berada sedikit ke hulu, serta membentang di Sungai Thames dari City of London ke Southwark.

Sementara itu, Guildhall merupakan kantor dari City of London Corporation dan Mansion House merupakan kediaman resmi Wali Kota London.

Baca juga:

Selain keempat bangunan tersebut, menara jam raksasa Big Ben juga akan dihiasi bunga-bunga nasional dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (5/5/2023), akan ada pula potongan-potongan lirik lagu kebangsaan God Save the King di permukaan menara setinggi 96 meter itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com