Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelajahi Goa Alam Karst Werwitu di NTT, Bisa Lihat Kelelawar

Kompas.com - 12/06/2023, 11:11 WIB
Markus Makur,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

MBORONG,KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur memiliki banyak destinasi wisata alam, seperti air terjun, hutan, dan goa alam.

Bagi para petualang yang sedang singgah di Manggarai Timur, bisa coba mampir ke goa alam karst Werwitu di Desa Tengku, Kecamatan Lamba Leda, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasi tepatnya ada di utara Manggarai Timur.

Salah satu pengunjung yang merupakan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Santo Bartholomeus Benteng Jawa, Evan Tahir mengunjungi goa alam karst Werwitu dengan menyusuri aliran airnya dari hulu ke hilir.

Baca juga:

Ia mengatakan, goa alam karst Werwitu punya stalaktit dan stalakmit yang unik dan menarik untuk dilihat lebih dekat.

"Kemarin saya dan siswa melakukan vlog di gua alam karst Werwitu sambil menelusuri aliran air dari hulu ke hilir. Sebab, dari hulu ke hilir, airnya mengalir dibawah tanah dalam satu gunung karst," kata Tahir kepada Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Selain melihat stalaktit dan stalakmit yang ada hampir di semua goa, keunikan goa alam karst Werwitu adalah aliran sungainya yang masuk ke mulut goa dan mengalir di dalamnya.

Untuk memasuki goa ini, lanjut Tahir, ada dua pintu masuk. Pertama, adalah pintu masuk depan tempat aliran sungai Wae Wina masuk dan memberi kesan seolah alirannya ditelan goa.

Sementara pintu kedua relatif agak curam dan juga memiliki aliran sungai.

Baca juga:

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat burung-burung kelelawar bertengger di dinding-dinding goa.

Goa ini relatif masih jarang dikunjungi, sehingga menarik untuk dieksplorasi lebih jauh.

"Gua alam karst Werwitu masih belum terkenal dengan gua alamnya di Pulau Flores. Tapi, ini salah destinasi masa depan di Kabupaten Manggarai Timur," tuturnya.

Cara ke goa alam karst Werwitu

Ke Werwitu dari Labuan Bajo

Bagi wisatawan yang berasal dari Kota Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, bisa melewati jalur Labuan Bajo-Ruteng.

Dari Labuan Bajo, jalan lurus ke Pertigaan Bealaing, kemudian belok kiri di kawasan hutan Banggarangga.

Ikuti jalan hingga pertigaan Tangkul dan tiba di Kota Benteng Jawa, ibu kota Kecamatan Lamba Leda. Kemudian, belok kanan menuju ke desa Tengku.

Ke Werwitu dari Borong

Sementara jika berangkat dari Kota Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur rutenya adalah Borong-Peot-Kembur-Gurung Liwut-Mbeling, kemudian belok kiri di pertigaan Waling.

Lalu, lanjutkan perjalanan dengan meneruskan ke arah pertigaan, belok kanan di kawasan hutan Banggarangga, dan lurus di pertigaan Tangkul hingga tiba di Kota Benteng Jawa.

Kemudian, belok kanan menuju ke Desa Tengku.

Baca juga: 5 Wisata di Pantai Utara Sikka, NTT, Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Ke Werwitu dari Dampek

Jika berangkat dari Dampek, ibu kota Kecamatan Lamba Leda Utara, tinggal belok kiri menuju ke Desa Tengku dan selanjutnya berjalan kaki dengan menyeberangi sungai untuk menjelajahi goa alam tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com