Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Biak Numfor Naik Pesawat, Terbang Langsung Mulai Rp 3,3 Juta

Kompas.com - 12/06/2023, 13:35 WIB
Sania Mashabi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang berada di Papua, tak ada salahnya untuk mampir ke Kabupaten Biak Numfor.

Di sana terdapat sejumlah destinasi wisata yang dapat disinggahi, seperti Goa Jepang, Tugu Papera, Monumen Perang Dunia ke-II, Telaga Barupi, dan Tugu Tsunami.

"Banyak tempat yang bisa dikunjungi kalau mau liburan ke Biak," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Biak Numfor, Imelda di pameran Deep and Extreme Indonesia, Kamis (1/6/2023).

Baca juga:

Jika berencana berwisata ke sana, berikut ulasan cara menuju Biak Numfor, seperti dihimpun Kompas.com.

Cara ke Kabupaten Biak Numfor

Penerbangan langsung

Jika berangkat dari Indonesia bagian barat, terbang menggunakan pesawat menjadi pilihan transportasi yang lebih efisien.

Kompas.com mengambil contoh keberangkatan dari Jakarta, dengan penerbangan langsung ke Bandara Udara Frans Kaisiepo di Kabupaten Biak Numfor menggunakan maskapai Lion Air.

Waktu perjalanan menggunakan maskapai ini lebih-kurang delapan jam dengan biaya mulai dari Rp 3,3 juta sekali jalan dengan maskapai Lion Air, jika dilihat dari aplikasi Traveloka dan situs maskapai.

Baca juga: DAMRI Layani 8 Rute di Nabire Papua Tengah, Tarif mulai Rp 10.000

Penerbangan transit

Ada pula beberapa opsi penerbangan transit menggunakan Batik Air, Citilink atau Sriwijaya Air, dengan pemberhentian transit di Makassar atau Surabaya.

Biaya penerbangan transit, apabila dilihat dari aplikasi Traveloka dan Tiket. com, relatif lebih tinggi yakni mulai dari sekitar Rp 3,5 juta hingga Rp 3,8 juta dengan penebangan menggunakan maskapai Sriwijaya Air dan Lion Air.

Sedangkan biaya tiket paling mahal Rp 4,3 juta hingga Rp 5,4 juta menggunakan pesawat Citilink, Batik Air, dan Lion Air.

Kemudian, penerbangan dilanjutkan menggunakan pesawat Lion Air menuju Bandara Udara Frans Kaisiepo.

Durasi transit tergantung maskapai yang dipilih, namun berkisar 1,5 jam hingga 20 jam. 

Baca juga: Buana Life Pangalengan, Restoran ala Rumah Adat Papua di Tanah Sunda

Jika ingin menggunakan penerbangan transit dengan jarak lokasi transit terdekat dari Biak, kamu bisa memilih penerbangan dengan tujuan transit Bandara Hasanuddin Makassar. Waktu perjalanan dari Makassar ke Biak hanya sekitar 2,5 jam. 

Waktu penerbangannya akan lebih lama jika kamu transit di Surabaya, yakni sekitar 10-11 jam perjalanan dari Bandara Juanda ke Bandara Udara Frans Kaisiepo.

Setibanya di Biak, perjalanan dari bandara ke pusat kota, contohnya Jalan Imam Bonjol Biak, terbilang cukup dekat yakni sekitar 4 kilometer atau  10 menit perjalanan jika menggunakan kendaraan. 

Di Jalan Imam Bonjol sudah banyak tempat yang bisa dikunjungi seperti berbagai macam restoran, toko kue, dan penginapan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com