Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Masuk Daftar Destinasi Penerbangan Jarak Jauh Paling Dicari 2023

Kompas.com - 30/06/2023, 08:45 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Denpasar, Bali, masuk destinasi penerbangan jarak jauh yang paling banyak dicari saat musim panas 2023 (Most Searched Destinations for Long-Haul Travel in Summer 2023).

Dari laporan yang dirilis perusahaan analisis perjalanan asal Spanyol ForwardKeys ini, Denpasar ada di peringkat ketiga alias berhasil mempertahankan kedudukannya bila dibandingkan dengan laporan tahun 2022.

Baca juga:

Di atas Denpasar ada Bangkok di peringkat pertama dan New York di peringkat kedua. Ketiga kota tersebut sama-sama mempertahankan posisi mereka dari tahun 2022. 

"Untuk tujuan penerbangan jarak jauh, kota-kota penghubung internasional utama, (seperti) Bangkok, New York, dan Denpasar Bali mempertahankan tiga posisi teratas dalam pencarian perjalanan global periode musim panas 2023, mencerminkan kelanjutan pentingnya mereka sebagai pintu masuk ke Asia Pasifik dan Amerika Utara," bunyi keterangan dari laporan itu, dikutip Jumat (30/6/2023).

Baca juga: Bali Masuk 5 Besar Destinasi Musim Panas Terpopuler Dunia 2023

Sementara itu, di bawah Denpasar ada Tokyo yang naik 17 peringkat dari tahun 2022 hingga berada di peringkat kedelapan, sekaligus menyalip San Francisco dan Madrid. 

"Meskipun ada pembatasan perjalanan dalam beberapa tahun belakangan, Tokyo tetap menjadi incaran utama sebagian besar pelaku perjalanan," bunyi laporan tersebut.

Ilustrasi keramaian warga di Shibuya, Jepang. Jepang termasuk 10 negara maju di dunia. Daftar negara maju 2022 menurut Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) dari PBB belum keluar.PIXABAY/CEGOH Ilustrasi keramaian warga di Shibuya, Jepang. Jepang termasuk 10 negara maju di dunia. Daftar negara maju 2022 menurut Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) dari PBB belum keluar.

Adapun data pencarian penerbangan jarak jauh ini dinilai lebih beragam bila dibandingkan data pencarian penerbangan secara keseluruhan, termasuk penerbangan jarak pendek. 

Berikut daftar lengkap destinasi penerbangan jarak jauh yang paling banyak dicari saat musim panas 2023:

  1. Bangkok
  2. New York
  3. Denpasar
  4. Paris
  5. Los Angeles
  6. London
  7. Dubai
  8. Tokyo 
  9. Madrid
  10. San Francisco

Baca juga: Motoran ke Bali, Ini Cara Beli Tiket Kapal Feri Secara Online via Ferizy

Sebagai informasi, data pencarian penerbangan ForwardKeys dikumpulkan berdasarkan data dari agen perjalanan, ditambah metasearch engine (mesin pencarian meta) yang terdiri dari, di antaranya Kayak, Skyscanner, Wego, Google Flights, dan Kiwi.com.

Daftar peringkat tersebut menampilkan total pencarian global untuk perjalanan internasional selama musim panas yakni Juli dan Agustus 2023. Batas waktunya adalah hingga 23 Mei 2023. 

Tidak hanya itu, destinasi yang ada diberi peringkat berdasarkan volume pencarian, lalu dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Baca juga: 10 Pantai di Bali yang Terkenal untuk Liburan Sekolah 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com