Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha 2023, Wisatawan Kunjungi Bukit Asah dan Pantai Virgin di Bali

Kompas.com - 30/06/2023, 09:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Bukit Asah dan Pantai Virgin di Karangasem, Bali, jadi tempat wisata yang dikunjungi wisatawan saat libur Idul Adha 2023/1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023).

Menurut keterangan penjaga loket bernama Wayan, terdapat kenaikan jumlah kunjungan wisatawan dibandingkan dengan hari Rabu (28/6/2023) sebelumnya.

Baca juga:

"Sekarang kan cuti Idul Adha, lonjakan pengunjung tentu ada dari kemarin. Dan hari ini terhitung lumayan ramai jika dibandingkan hari biasa, kalau diakumulasikan hari ini lonjakan pengunjung tidak terlalu tinggi, kira-kira sebesar 25 persen," terang Wayan, dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2023).

Ia melanjutkan bahwa sebagian besar pengunjung berasal dari Karangasem dan luar kota, misalnya Kota Denpasar.

Baca juga: Bali Masuk 5 Besar Destinasi Musim Panas Terpopuler Dunia 2023

Meskipun ada kenaikan, namun Wayan menyampaikan bahwa jumlah kunjungan wisatawan tersebut belum seramai saat Hari Raya Umanis Galungan.

"Namun jika dibandingkan dengan hari ini, lonjakan pengunjung lebih signifikan saat Hari Raya Umanis Galungan. Tapi kali ini karena libur lumayan panjang, dari kemarin pengunjung ramai silih berganti berdatangan ke sini," tuturnya.

Sejumlah wisatawan berkunjung ke obyek wisata Bukit Asah di Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (29/6/2023).Dok. ANTARA/Ni Komang Desiantari/wsj Sejumlah wisatawan berkunjung ke obyek wisata Bukit Asah di Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (29/6/2023).

Salah seorang wisatawan lokal asal Denpasar, Nurnutila Effendy, mengatakan bahwa ia berkunjung ke Bukit Asah dan Pantai Virgin guna berlibur bersama keluarganya. 

"Sebenarnya maunya kemarin waktu cuti Lebaran, tapi karena saya harus mudik jadinya saya tunda, dan akhirnya kesampaian sekarang. Alasan saya ke sini untuk piknik karena pemandangannya indah sekalian foto-foto juga," jelasnya.

Baca juga:

Salah satu alasan lokasi tersebut menarik, tambahnya, karena ada dua tempat wisata yang menjadi satu sehingga pengunjung hanya cukup membayar satu tiket masuk. 

Tidak hanya itu, menurutnya pemandangan pantai dari atas bukit dan banyaknya spot Instagramable juga menjadi daya tarik lokasi itu.

Baca juga: Marak Pemerasan Turis Naik Transportasi Online di Bali, Pemprov Bentuk Satgas

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com