Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkelas Internasional, Pelabuhan Khusus Pariwisata di Pulau Nirup Batam Dibuka

Kompas.com - 09/07/2023, 11:11 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Terminal atau Pelabuhan Khusus Pariwisata PT Tritunas Sinar Benua & One°15 Marina di Pulau Nirup, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) resmi beroperasi, Sabtu (8/7/2023).

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, kawasan wisata di Pulau Nirup ini sudah berkelas internasional.

Ia pun berharap agar ini terus dikembangkan sehingga bisa membawa nama baik Kepri secara khusus dan Indonesia pada umumnya. Terlebih, lokasi wisata ini sangat bagus

Baca juga: Daftar Harga Tiket Kapal Pelni Terbaru di Batam Per 1 Juli 2023

Apalagi letak geografis Kepri yang berdekatan dengan Singapura dan negara tetangga lainnya, tentunya dapat dimanfaatkan sebagik mungkin.

"Saya minta agar regulasi periszinan dipermudah dan sebagainya. Dukung dengan promosi-promosi secara luas dan siapkan regulasi yang mudah. Jadikan ini sebagai sarana yang bisa membawa nama baik Kepri dan Indonesia," ujar Budi di Pulau Nirup, Sabtu (8/7/2023).

Pulau Nirup di Batam

Pulau Nirup berada di Kecamatan Belakang Padang dengan jarak sekitar 8 mil laut dengan negara Singapura.

Di sana, dikembangkan pembangunan terpadu yang terdiri dari hotel, villa air dan fasilitas wisata lainnya di atas area seluas 47.100 meter persegi.

Baca juga: Harga Tiket Kapal Pelni di Batam Naik hingga 23 Persen

Wisata di Pulau Nirup ini yang menampilkan wisata mewah bagi wisatawan mancanegara dan juga tempat rekreasi yang dapat dijangkau bagi wisatawan lokal.

Hal itu diharapkan dapat memberikan efek domino bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat di kecamatan Belakang Padang ke depannya.

Terminal Khusus Pariwisata PT. Tritunas Sinar Benua & One°15 Marina di Pulau Nirup, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) resmi beroperasi, Sabtu (8/7/2023). Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, kawasan wisata di Pulau Nirup ini sudah berkelas internasional.DOK NIRUP ISLAND Terminal Khusus Pariwisata PT. Tritunas Sinar Benua & One°15 Marina di Pulau Nirup, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) resmi beroperasi, Sabtu (8/7/2023). Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, kawasan wisata di Pulau Nirup ini sudah berkelas internasional.

Hadirnya wisata di Pulau Nirup ini juga akan dapat menyerap tenaga kerja dari penduduk lokal, dan nantinya akan disejalankan juga dengan menghidupkan wisata di pulau Belakang Padang, seperti wisata kuliner, wisata budaya dan wisata sejarah.

Oleh sebab itu, akses menuju Pulau Nirup dan Belakang Padang juga disiapkan dengan baik dengan diresmikan pula Terminal Khusus Pariwisata di Pulau Nirup.

Kepulauan Riau yang kaya tempat wisata

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan bahwa Kepri memiliki 2.408 pulau. Hanya sebanyak 397 pulau yang berpenghuni dan 22 lainnya berada di baris terdepan RI.

Dan dengan lokasi yang sangat strategis ini, Ansar pastikan wisata di pulau-pulau Kepri dapat dimaksimalkan seperti di Pulau Nirup.

Baca juga: Jalur Pedestrian Batam Center Jadi Tempat Tongkrongan Instagramable

Ansar juga menjelaskan jika fasilitas akses pariwisata dalam berkunjung ke Provinsi Kepri, dapat dijangkau dengan beberapa pintu masuk, seperti jalur udara, yakni Bandara Hang Nadim di Pulau Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah di Kota Tanjungpinang.

Kemudian di jalur laut dapat melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre dan Pelabuhan Internasional Sekupang di Batam, dan Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura di Tanjungpinang.

Monumen Welcome to BatamShutterstock Monumen Welcome to Batam

"Adapun untuk pelabuhan khusus Yacht terdapat di Nongsa Poin Marina - Batam dan Bandar Bintan Telani Lagoi – Bintan," papar Ansar.

Adapun angka kunjungan turis asing ke Kepulauan Riau periode Januari sampai dengan Desember 2022 sebanyak 758.154 wisman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com