Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Belajar Menyelam untuk Pemula, Bisa Mulai dari Scuba Diving

Kompas.com - 11/07/2023, 19:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyelam atau diving di kedalaman laut lepas biasanya dilakukan oleh para penyelam yang sudah memiliki lisensi resmi dari lembaga terkait. Selain menyelam di laut, ada juga menyelam di dalam gua atau cave diving.

 

Cave Instructor sekaligus Technical Deep Instructor Adi Halim mengatakan, khusus cave diving biasanya dilakukan oleh penyelam berpengalaman.

Baca juga:

Bukan tanpa alasan, Adi melanjutkan, risiko yang akan dihadapi saat cave diving cukup tinggi karena penyelam akan berenang di dalam gua yang sempit, bahkan tanpa penerangan matahari.

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin kamu bisa mencoba cave diving suatu saat nanti. Perjalanan hingga sampai di tingkat cave diving, kata Adi, perlu latihan yang cukup hingga seseorang dirasa mumpuni.

Bagi kamu yang baru pertama kali mengenal olahraga diving dan ingin belajar menyelam, Adi merekomendasikan untuk mencoba scuba diving terlebih dahulu.

Baca juga:

Pilihan diving untuk pemula

Ilustrasi kegiatan Discover Scuba Diving di Deep Dive Dubai.Dok. Deep Dive Dubai Ilustrasi kegiatan Discover Scuba Diving di Deep Dive Dubai.

Scuba diving pada dasarnya adalah kegiatan menyelam dengan membawa tangki ke dalam lautan untuk pasokan udara selama berada di bawah laut.

"Kalau untuk pemula, bisa coba scuba diving. Itu kamu tidak harus ikut kursus, tapi hanya mencoba menyelam saja," kata Adi.

Praktik scuba diving ini biasanya dilakukan sekitar 30 menit hingga satu jam di dalam kolam. Setelah itu lanjut berenang di laut dengan kedalaman sekitar lima meter selama 30 menit hingga satu jam.

"Setelah mencoba scuba diving, barulah diputuskan apakah suka atau tidak, dan mau lanjut belajar scuba diving atau tidak," katanya.

Baca juga:

Adi mengatakan, tahap seperti ini kerap disebut dengan tahap percobaan sebelum seseorang menyelam lebih dalam ke dasar laut.

Bagi wisatawan yang tertarik dengan olahraga diving dan ingin belajar teknik menyelam, Adi mengingatkan untuk tetap mengatur fokus serta mengontrol rasa panik.

Apabila seseorang memutuskan untuk lanjut diving, seorang penyelam pemula perlu menyertakan lisensi untuk izin menyelam nantinya.

Lisensi menyelam dapat diperoleh sekitar tiga hingga empat hari. Lisensi ini, kata Adi, bisa dipakai untuk izin diving di mana saja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com