Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ANOC World Beach Games di Bali Batal, Potensi Devisa yang Hilang Rp 198,17 Miliar

Kompas.com - 11/07/2023, 23:44 WIB
Gading Perkasa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, dibatalkannya ANOC World Beach Games 2023 di Bali membuat Indonesia kehilangan potensi devisa dari pariwisata sebesar 13 juta dollar Amerika Serikat (sekitar Rp 198,17 miliar).

"Dari hasil perhitungan kami, potensi kehilangan devisa akibat pembatalan World Beach Games sekitar Rp 198,17 miliar," terang Menparekraf dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2023).

Baca juga:

Menurutnya, potensi devisa itu dilihat berdasarkan jumlah wisatawan mancanegara yang akan hadir ke Bali untuk menyaksikan ANOC World Beach Games 2023.

"Khusus ANOC World Beach Games 2023 kami akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, tetapi dari beberapa data yang sudah dikumpulkan, kita memprediksi ada 6.900 wisatawan mancanegara untuk ANOC World Beach Games," jelasnya.

Ia melanjutkan, pihaknya ikut mempromosikan ajang tersebut secara langsung usai Bali ditunjuk sebagai tuan rumah.

Baca juga:

Masyarakat diimbau jangan saling menyalahkan

Ilustrasi turis asing di Bali. SHUTTERSTOCK/RUUD SUHENDAR Ilustrasi turis asing di Bali.

Meski demikian, ia berpesan agar masyarakat tidak usah khawatir dan terpecah belah, serta dapat mengambil sisi positif dari pembatalan event (acara) tersebut.

"Jangan saling menyalahkan, karena pasti ada sejuta cerita di balik pembatalan ini," tuturnya.

Selain itu, ia menambahkan, penting untuk tetap menjaga kepercayaan dan kredibilitas Tanah Air. 

"Pasti ada potensi kerugian dari segi wisatawan mancanegara, penonton, broadcasting (penyiaran), tenaga kerja, eksposur, dan lain sebagainya, sehingga penting menjaga kepercayaan dan kredibilitas Indonesia. Reputasi Indonesia harus kita jaga," jelasnya. 

Baca juga:

Terlepas dari pembatalan ANOC World Beach Games 2023 di Bali, masih banyak event yang menanti.

Setidaknya, ada 3.000 event yang akan digelar di Indonesia sepanjang tahun 2023 dan ditaksir mampu menghasilkan devisa negara mencapai hingga Rp 165 triliun.

Sebagai informasi, dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (5/7/2023), ANOC World Beach Games 2023 di Bali batal diadakan akibat keterbatasan waktu dalam proses administrasi birokrasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com