Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menyelam di Laut?

Kompas.com - 12/07/2023, 06:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bicara mengenai menyelam atau diving tentu tidak lepas dari pemandangan terumbu karang yang bisa dilihat di bawah laut.

Instruktur diving Kirana Larasati menyampaikan kekagumannya ketika melihat terumbu karang, kura-kura, dan kumpulan ikan di laut yang ia temui ketika menyelam.

Baca juga:

"Ketika kita menyelam, kalau lihat kura-kura, rasanya seperti tenang, gerakannya lambat tapi tetap tenang," kata Kirana saat acara media gathering di ODY Dive Centre, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2023).

Menurutnya, ketika seseorang menyelam dan melihat pemandangan bawah laut, ada faktor "keberuntungan" yang menyertai agar bisa bertemu dengan hal-hal yang tidak terduga di bawah laut. Misalnya lumba-lumba, ikan hiu, atau ikan paus.

Di samping itu, penyelam juga perlu tahu kapan waktu terbaik untuk turun menyelam.

Baca juga:

Waktu terbaik untuk menyelam di laut

Ilustrasi menyelam di kawasan terumbu karang Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.SHUTTERSTOCK/frantisekhojdysz Ilustrasi menyelam di kawasan terumbu karang Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

Cave Instructor sekaligus Technical Deep Instructor Adi Halim mengatakan bahwa pilihan waktu terbaik untuk menyelam di laut lepas tergantung tujuan seseorang saat menyelam.

"Tergantung mau lihat apa. Kalau sedang arus, ikan-ikan biasanya memang kumpul di sana (arus)," kata Adi dalam kesempatan yang sama, Selasa (11/7/2023).

Pertimbangan menentukan waktu untuk menyelam di laut, kata Adi, juga tergantung dengan situasi pasang surut air laut.

Baca juga: Hati-hati! Lakukan Hal Ini Jika Bertemu Ubur-Ubur Saat Menyelam

Sebagai seorang instruktur, Adi mengatakan, dirinya kerap melihat situasi pasang surut air laut terlebih dahulu sebelum menyelam.

"Kita menentukannya (waktu menyelam) dengan cara melihat jadwal pasang surut air laut. Walaupun di Indonesia jadwalnya kadang-kadang salah, jadi sesuai pengalaman saja," jelasnya.

Perihal jam untuk menyelam, Adi juga mengatakan tidak ada patokan waktu. Entah itu saat pagi hari, siang, sore, ataupun malam hari.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menyelam di Raja Ampat?

Akan tetapi, kata Adi, di beberapa tempat tertentu memang bagus diselami saat pagi hari. Mengingat cahaya matahari baru mulai menyinari laut dari arah timur.

"Biasanya semakin pagi, jarak pandang kita semakin jauh, tapi itu hanya di tempat tertentu saja," tutup Adi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com