Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Persiapan Sebelum Cave Diving, Gunakan Alat yang Tepat

Kompas.com - 13/07/2023, 16:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyelam di dalam lautan sepertinya sudah umum diketahui sebagian besar orang. Beda halnya dengan menyelam di dalam goa, yang baru-baru ini mulai populer di Indonesia.

Menyelam di dalam goa atau cave diving disebut juga sebagai olahraga berisiko, sehingga penting untuk membekali diri sebelum terjun.

"Cave diving itu menyelam di tempat yang berbahaya, jadi memang bukan olahraga untuk semua orang," kata Cave Instructor sekaligus Technical Deep Instructor Adi Halim saat media gathering di Ody Dive Centre, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2023).

Baca juga:

Kata Adi, seorang penyelam perlu mahir menyelam secara umum terlebih dahulu sebelum memutuskan terjun ke ranah cave diving.

Persiapan yang matang pun perlu diperhatikan untuk keselamatan ketika menyelam di dalam goa. Lalu, apa saja persiapan sebelum cave diving?

Persiapan sebelum cave diving

1. Ikut pelatihan

Adi mengatakan ada banyak persiapan dan pelatihan yang harus dilalui oleh seorang penyelam sebelum langsung turun menyelam ke dalam goa.

"Ada latihannya, yaitu menyelam di lokasi yang tidak ada akses langsung ke atas (permukaan air), dan masih ada sedikit cahaya," kata Adi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Spot Diving di Labuan Bajo NTT

Latihan ini penting untuk dilakukan, mengingat penyelam yang berada di dalam goa tidak memungkinkan untuk langsung naik ke permukaan air ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Kita di dalam lubang, kalau terjadi apa-apa, kita harus balik ke tempat yang sama. Belum lagi kalau lubang yang kita masuki itu jalurnya sempit dan tidak ada cahaya," kata Adi.

2. Jangan panik

Adi mengatakan modal utama seorang penyelam ialah mengontrol rasa panik yang timbul sebelum bahkan saat menyelam.

"Kuncinya jangan panik, itu adalah salah satu modal terbesar belajar menyelam. Sisanya tinggal penyesuaian saja," katanya.

Baca juga: 5 Perbedaan Snorkeling dan Scuba Diving, Ketahui Sebelum Mencoba

Maksudnya, ketika seorang penyelam sudah berhasil menghilangan rasa takut saat menyelam, maka persiapan berupa latihan nafas hingga alat yang digunakan bisa menyesuaikan.

@kompastravel Ternyata masih ada loh tempat sehening dan setenang ini. Di sini kamu bisa benar-benar merasakan slow living! Nama tempatnya Greenbelt, di PIK 2. Mau full review-nya? #explorebanten #pik2 #jktspot ? suara asli - Travel Kompascom

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com