Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan ke Desa Wisata Tompo Bulu, Bisa Mendaki Gunung Bulusaraung

Kompas.com - 15/07/2023, 17:22 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Gunung Bulusaraung termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung di Sulawesi Selatan. Gunung berketinggian 1.535 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini terkenal sebagai habitat kera hitam.

Pendakian ke Gunung Bulusaraung termasuk salah satu kegiatan wisata andalan Desa Wisata Tompo Bulu di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). 

Baca juga:

Dilansir dari laman resmi Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pendakian ke gunung tersebut dikelola warga desa sejak Oktober 2010 dengan nama Kelompok Pengelola Ekowisata (KPE-Dentong) Desa Tompo Bulu.

Macaca Maura, kera hitam endemik Sulawesi Selatan yang juga merupakan satwa dilindungi yang banyak di jumpai di tepi jalan poros Maros-Bone, kawasan cagar alam Karaenta, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia.WIKIMEDIA COMMONS/ALAMPAPOTO Macaca Maura, kera hitam endemik Sulawesi Selatan yang juga merupakan satwa dilindungi yang banyak di jumpai di tepi jalan poros Maros-Bone, kawasan cagar alam Karaenta, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia.

"Pendiriannya dilepopori oleh Pemerintah Desa Tompo Bulu bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung," bunyi keterangan resmi dari laman tersebut, dikutip Sabtu (15/7/2023).

Sebelum mendaki, pengunjung akan diperiksa dan didata terlebih dahulu. Mereka juga wajib membawa pulang sampah disesuaikan dengan barang bawaan. 

Baca juga:

Dilansir dari Kompas.id, Sabtu (15/7/2023), pendakian ke Gunung Bulusaraung memerlukan waktu tiga sampai empat jam. Terdapat sembilan pos yang akan dilewati hingga ke puncak.

Dari puncak Gunung Bulusaraung, pendaki bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian, termasuk Kota Makassar, matahari terbit, dan matahari terbenam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com