Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Mangrove, Daya Tarik Utama Desa Wisata Lantebung di Makassar

Kompas.com - 13/07/2023, 19:10 WIB
Gading Perkasa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Makassar, Sulawesi Selatan, tidak hanya terkenal akan wisata pantai, tapi juga hutan mangrove. Tempat yang bisa dituju adalah Jaringan Ekowisata Mangrove Lantebung (Jekomala) di Desa Wisata Lantebung, Kelurahan Wira, kecamatan Tamalanrea.

Dengan luas sekitar 30 hektar, hutan mangrove di pesisir Selat Makassar ini bukan hanya oase bagi warga kota kala dirundung penat, tetapi juga pelindung permukiman warga dari ombak dan angin kencang.

Baca juga:

Hutan ini berada di sisi utara Kota Makassar, yang berjarak sekitar 13,8 kilometer. Dari pusat Kota Makassar, pengunjung bisa berkendara ke Lantebung melalui Tol Insinyur Sutami yang memakan waktu lebih kurang 24 menit.

Saat memasuki tempat ini, pengunjung harus berhati-hati karena kondisi jalan yang relatif sempit. Wisatawan juga akan menapaki jalur warna-warni ketika memasuki hutan mangrove.

Pelaku perjalanan yang berkunjung ke wisata mangrove Lantebung akan dibebankan tiket seharga mulai Rp 3.000 per orang, dikutip dari Tribun Makassar, Kamis (13/7/2023).

Meraih Kalpataru dan masuk 75 besar ADWI 2023

Desa Wisata Lantebung di Makassar, Sulawesi Selatandok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Lantebung di Makassar, Sulawesi Selatan

Potensi mangrove yang ada membuat Desa Wisata Lantebung menerima penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2020.

Tidak hanya itu, baru-baru ini, Desa Wisata Lantebung juga termasuk dalam daftar 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga:

"Saya melihat selain hutan bakau ini menjadi destinasi dari segi pariwisata, tapi juga berperan dalam hal keberlanjutannya," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Rabu (12/7/2023).

"Karena mangrove ini sangat efektif untuk menyerap karbon dan menjadi salah satu favorit dalam kita melakukan carbon offsetting," imbuhnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com