Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Tersibuk AP I di Semester 1 2023

Kompas.com - 20/07/2023, 21:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tercatat menjadi bandara PT Angkasa Pura I (AP I) dengan jumlah pergerakan penumpang dan pesawat udara terbanyak pada semester 1 2023.

Pada periode semester 1 tahun 2023, jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai hampir 10 juta orang.

"Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sekaligus merupakan bandara Angkasa Pura I yang mencatatkan pertumbuhan penumpang tertinggi dari 15 bandara yang kami kelola pada periode semester 1 tahun 2023,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, dalam keterangan resmi, Kamis (20/7/2023).

Baca juga:

Hal ini, kata dia, didukung dengan semakin meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk kembali berwisata ke Bali.

“Sekaligus merupakan sinyalemen positif bahwa Bali tetap merupakan destinasi pariwisata yang sangat diminati," imbuhnya.

Layani 10 juta penumpang

Bandara yang merupakan pintu gerbang Pulau Bali tersebut mencatat telah melayani 9.744.321 pergerakan penumpang dan 64.648 pergerakan pesawat udara sepanjang paruh pertama tahun 2023.

Tari kecak di Pura Dalem Taman Kaja, Ubud, Bali. SHUTTERSTOCK/CONSTANTIN STANCIU Tari kecak di Pura Dalem Taman Kaja, Ubud, Bali.

Jumlah pergerakan penumpang pada semester 1 2023 tersebut melonjak sebesar 127 persen dibandingkan dengan catatan pada periode semester 1 2022, yang mencapai 4.296.351 pergerakan penumpang.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara mengalami pertumbuhan sebesar 103 persen dibandingkan pada semester 1 2022 yang mencapai 31.872 pergerakan pesawat udara.

"Pada semester 1 tahun 2023, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali juga mencatat pertumbuhan jumlah pergerakan penumpang rute internasional yang sangat signifikan, yakni sebanyak 5,1 juta penumpang berbanding 752.000 penumpang pada semester 1 tahun 2022," lanjut Faik Fahmi.

Baca juga: 10 Pantai di Bali yang Terkenal untuk Liburan Sekolah 

Faik Fahmi turut menambahkan, jumlah penumpang rute internasional yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada semester 1 tahun 2023 sudah melampaui jumlah penumpang rute internasional yang dilayani pada sepanjang tahun 2022 yang mencapai 4,5 juta penumpang.

@kompastravel Ada pesawat baru nih buat rute Jakarta-Bali. Pesawat ini buatan China dan pertama kalinya dioperasikan sama maskapai luar China, yaitu sama maskapai lokal TransNusa. Karena mesinnya ada di ekor pesawat (tail engine), suara mesin jadi nggak terlalu bising di kabun. Ternyata, itu juga yang bikin pesawat ini wush wush dan tiba lebih cepat dari pesawat lainnya. Jakarta-Bali cuma 1,5 jam aja Nantinya TransNusa juga akan pakai pesawat ini buat rute lain. Penasaran nyoba nggak?? #travelfacts #planelovers #planelife ? sonido original

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com