Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan Taman Tabebuya di Jagakarsa, Dilarang Merokok

Kompas.com - 27/07/2023, 13:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencari tempat wisata gratis di kawasan Jakarta Selatan, salah satu yang bisa dikunjungi adalah Taman Tabebuya atau 

Sering disebut juga sebagai Taman Angsa Ciganjur atau Taman Moch. Kahfi 1, ada pula yang menyebutnya Taman Turunan Herman Susilo karena berlokasi di bawah setelah pertigaan dengan nama yang sama. 

Baca juga:

Taman Tabebuya merupakan ruang terbuka hijau yang berada di Jalan Mohammad Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Taman ini beroperasi setiap hari Senin-Minggu, pukul 07.00-17.30 WIB. 

"Pengunjung bisa olahraga, duduk-duduk santai, baca buku, atau memberi makan ikan di kolam," kata petugas perawatan taman bernama Teguh, saat ditemui Kompas.com di lokasi, Rabu (26/7/2023). 

Taman ini milik pemerintah yang dibuka untuk umum, namun tetap ada beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh pengunjung.

Meski aturannya secara umum sama dengan taman kebanyakan, Teguh berpesan agar pengunjung bisa mematuhinya. 

Taman Tabebuya di Jagakarsa, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman Tabebuya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Aturan kunjungan di Taman Tabebuya

1. Dilarang merokok

Kegiatan merokok jenis apapun tidak diizinkan di kawasan Taman Tabebuya. Selain karena dapat mengganggu kebersihan dan kesegaran udara hijau, sampah puntung rokok rentan dibuang sembarangan oleh pengunjung. 

“Peringatan enggak boleh merokok itu sebenarnya sudah dipasang, tapi banyak yang lupa atau tidak memperhatikan,” tutur Teguh. 

Baca juga: Cara Mudah ke Taman Tabebuya di Jagakarsa, Naik KRL dan TransJakarta

2. Dilarang buang sampah sembarangan

Selanjutnya, pengunjung tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan di area taman. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak pengelola Taman Tabebuya juga telah menyapkan cukup banyak tempat sampah dalam jarak beberapa meter. 

"Enggak boleh buang sampah sembarangan, ya. Kalau makan dan minum silakan bawa saja, di sini bisa, tapi sampahnya tetap harus dibuang ke tempat yang sudah disediakan," pesan dia.

@kompastravel Mau mampir? Ini lokasinya engga jauh dari Stasiun Cikini kok guys.. Bisa jalan kaki atau naik ojeg online/pangkalan. Kalau jalan kaki jarak tempuhnya sekitar 13 menit. Kalau panasnya lagi terik banget mimin engga terlalu menyarankan jalan kaki guys. #cikinigondangdia #cikini #wisatacikini #rumahradensaleh #sejarahindonesia #cikinimenteng ? She Share Story (for Vlog) - ????

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com