Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKN Nusantara Disiapkan Jadi Wisata, Akomodasi dan Akses Terus Dibangun

Kompas.com - 01/08/2023, 10:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wilayah Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara) di Kalimantan Timur tengah dibangun dan disiapkan. Sebagai ibu kota baru, kawasan ini juga membangun sektor pariwisata berbasis lingkungan.

Deputi Bidang Otorita IKN Nusantara Alimuddin mengatakan, per hari ini, pembangunan infrastruktur dan akomodasi terus didorong.

"Jadi dalam waktu dekat, mungkin bulan Juli atau akhir Agustus akan dibangun bandara VVIP ke IKN, saat ini lahannya sedang disiapkan," kata Alimuddin dalam Weekly Press Briefing yang dipantau secara daring, Senin (31/7/2023).

Baca juga: IKN Nusantara Juga Dikembangkan untuk Wisata, Lahan Hijau Tidak Dikurangi

Dengan adanya bandara tersebut, nantinya akses menuju IKN Nusantara akan menjadi sangat mudah dan singkat.

"Akses menuju ke sana nanti akan sangat mudah, dari Balikpapan ke bandara VVIP, jarak tempuh 30 menit dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan," imbuhnya.

Sementara itu, hingga saat ini Juli 2023, pelancong yang ingin ke IKN masih harus turun di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Lalu melanjutkan perjalanan darat sejauh 1,5 jam untuk menuju IKN Nusantara.

Pembangunan tol dan hotel

Lebih lanjut, kata Alimuddin, saat ini juga tengah berlangsung pembangunan 4 segmen jalan tol, yang akan disambungkan (connecting) dengan tol laut sekitar 7 km.

"Kemudian jarak tempuh dari bandara Insya Allah jadi 30 menit sampai ke pusat pemerintahan IKN Nusantara," terang dia. 

Tingkatkan konektivitas di Kawasan IKN, Kementerian PUPR telah memulai pembangunan jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang di Kalimantan Timur (Kaltim).Dok. Kementerian PUPR Tingkatkan konektivitas di Kawasan IKN, Kementerian PUPR telah memulai pembangunan jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang di Kalimantan Timur (Kaltim).

Adapun bagi wisatawan yang saat ini ingin datang berkunjung ke IKN Nusantara, sudah tersedia 17 kabin dan wisata hutan bakau. Sementara itu, untuk hotel berbintang tengah disiapkan. 

"Hari ini kami belum punya hotel bintang 5 atau 4 di IKN ya. Jadi sementara ini bisa nginap di Balikpapan. Tapi dalam waktu dekat, hotel Marriot sudah akan masuk juga dan beberapa perhotelan yang lain juga akan membangun di wilayah IKN," tutur Alimuddin.

Baca juga: Kembangkan Wisata Berbasis Lingkungan, IKN Nusantara Akan Dihijaukan Kembali

Fasilitas ini, ia menambahkan, termasuk di antaranya rumah sakit bertaraf internasional seperti Hermina, rumah sakit dari Kementerian Kesehatan, hingga sekolah-sekolah berstandar internasional juga akan dibangun.

Fasilitas kota cerdas berteknologi canggih

Seperi dilaporkan dari Kompas.com (31/1/2022), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan nantinya untuk mendukung pembangunan di kawasan IKN, telah disiapkan konsep Smart City Smart Mobility

Lebih lanjut, kata Budi, penyiapan transportasi sangat penting guna mendukung kelancaran aksesibilitas dan mobilitas manusia maupun barang di IKN.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan Naik, Kalimantan Timur Siapkan Paket Wisata IKN

"Dalam membangun konektivitas dan aksesbilitas IKN, transportasi publik yang ramah lingkungan menjadi pilihan utama," ujar dia, dikutip dari Kompas.com,

Untuk sektor transportasi darat, Kemenhub akan mengembangkan fasilitas pejalan kaki, sepeda, kendaraan listrik berbasis baterai, dan juga autonomus untuk angkutan bus di IKN. 

Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-SP. Tempadung.Dok. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-SP. Tempadung.

Pengembangan sejumlah prasarana transportasi yang ada di Kalimantan Timur juga akan dioptimalkan, sekaligus membangun sejumlah infrastruktur transportasi kawasan inti pusat pemerintah (KIPP) maupun daerah.

"Seperti terminal tipe A, Bus Rapid Transit (BRT), Bandara Khusus VVIP, kereta api perkotaan dan antarkota, itellligent transport system (ITS), dan lain sebagainya," pungkas Budi. 

Baca juga: 6 Wisata Sekitar IKN Nusantara, Bisa Kunjungi Desa Adat Suku Dayak 

Beberapa perencanaan seperti pameran mockup mobil terbang 2045, mini bus tanpa pengemudi, dan robot akan mulai ditampilkan dalam perhelatan yang digelar di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2023 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com