Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Traveling Bawa Anak Ala Ringgo dan Sabai, Butuh Kerja Sama Tim

Kompas.com - 06/08/2023, 13:12 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liburan bersama keluarga, khususnya membawa anak kecil tentu punya tantangan tersediri. Apalagi saat bepergian ke luar negeri.

Hal ini juga dialami oleh pasangan tokoh publik Ringgo Agus Rahman dan Sabai Dieter Morscheck ketika liburan ke luar negeri.

"Kalau ribet saat traveling bareng anak, itu wajar, namanya juga bawa anak-anak," kata Sabai saat acara HSBC ANA Travel Fair 2023 di Central Park, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Baca juga:

Menurut Sabai, setiap perjalanan wisata bersama anak tentu punya tantangan tersendiri. Kecil kemungkinan untuk tidak ada masalah selama liburan.

Akan tetapi hal ini bisa dihadapi dengan beberapa tips berikut.

Tips traveling bawa anak ala Ringgo dan Sabai 

1. Susun rencana perjalanan

Ringgo dan Sabai di ANA Travel Fair 2023.Kompas.com/Suci Wulandari Putri Ringgo dan Sabai di ANA Travel Fair 2023.

Menurut Ringgo, ketika hendak liburan bersama anak-anak, segala sesuatu harus direncanakan dengan matang.

"Kalau sama anak, segala sesuatu harus diperhitungkan. Seperti halnya opsi transportasi yang hendak digunakan menuju penginapan setelah tiba di bandara tujuan," kata Ringgo saat acara HSBC ANA Travel Fair 2023 di Central Park, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: 5 Tips Liburan Akhir Tahun agar Tetap Aman dan Nyaman

Selain itu, pemilihan tempat penginapan juga perlu diperhatikan, apalagi bagi orang tua yang perlu membuat makanan untuk anak-anak.

"Kami tidak bawa asisten ataupun suster, jadi harus masak, karena bawa anak kecil. Jadi kami pilih tempat menginap yang ada dapurnya," kata Ringgo.

Menurut Ringgo, selain memudahkan saat berlibur, rencana perjalanan ini penting disusun supaya anggaran liburan tidak melebihi dari yang sudah ditetapkan.

2. Orang tua harus jaga mood

Sabai mengatakan bahwa suatu hal yang wajar apabila saat liburan, anak-anak mengalami tantrum. Tugas orang tua adalah tetap tenang dan mengontrol emosi.

"Suami istri harus jaga mood, kami setiap jalan selalu saling mengingatkan untuk jaga mood," kata Ringgo.

Baca juga: Kenapa Jepang Kerap Jadi Destinasi Wisata Keluarga?

Salah satu contoh kontrol emosi yang perlu diperhatikan, kata Ringgo, sesederhana membagi tugas selama perjalanan. Misalnya ketika dirinya membawa koper, maka sang istri akan mengurus anak-anak.

"Jangan sampai orangtua berantem saat liburan," kata Sabai.

@kompastravel Kurang lebih seperti itu ya guys gambaran pengeluaran untuk ke Banda Neira.. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah hari dan lain-lain. Kalau mau beli oleh-oleh, harganya bervariasi sesuai produk yak. Gambarannya, gelang kain di Rp. 35.000, gantungan kunci di Rp. 20.000, tenun khas ambon ukuran kecil Rp 85.000 Jadi, kapan nih kamu betolak ke Banda Neira? #bandaneira #bandaneiramaluku #wisatamaluku #travelbudget ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com