Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Sandiaga Harapkan Bisa Dorong Pergerakan Wisnus

Kompas.com - 29/08/2023, 14:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lintas Rel Terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) resmi beroperasi pada Senin (28/8/2023).

Melihat hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap hadirnya LRT bisa mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

"Saya melihat ini peluang yang sangat besar untuk masyarakat. Paling tidak bagi wisatawan nusantara, yang akan mendorong pergerakan wisnus untuk menggunakan LRT," kata Sandiaga dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Senin (28/8/2023).

Baca juga: 8 Wisata Dekat Stasiun LRT Dukuh Atas, Banyak Tempat Nongkrong

Ia melanjutkan, berkaca dari momen peluncuran Moda Raya Terpadu (MRT), peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mencapai 100.000 kali per hari.

"Waktu MRT baru diluncurkan, peningkatan sampai 100.000 per hari itu, salah satunya dipicu oleh wisata infrastruktur modern kita sebutnya," katanya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Ia menambahkan, dengan hadirnya LRT sebagai moda transportasi modern, akan menciptakan lebih banyak interkoneksi.

Baca juga: Naik LRT Jabodebek ke Stasiun Gambir dan Pasarsenen, Bisa Lanjut TransJakarta

Menurutnya, kemudahan akses di masyarakat serta penambahan interkoneksi ke rute-rute lainnya, akan membantu pergerakan masyarakat.

LRT Jabodebek diresmikan

Untuk diketahui, operasional LRT diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Stasiun LRT Cawang BNN, Jakarta Timur.

Stasiun LRT Jatimulya sudah mulai beroperasi sejak Senin (28/8/2023). Pada hari kedua sejak dibuka, Selasa (29/8/2023) pagi, terpantau stasiun LRT masih sepi dari pengunjung, hanya ada beberapa pengunjung yang menggunakan moda transportasi ini.KOMPAS.com/FIRDA JANATI Stasiun LRT Jatimulya sudah mulai beroperasi sejak Senin (28/8/2023). Pada hari kedua sejak dibuka, Selasa (29/8/2023) pagi, terpantau stasiun LRT masih sepi dari pengunjung, hanya ada beberapa pengunjung yang menggunakan moda transportasi ini.

Menambahkan dari laman Kompas.com (28/8/2023), adapun rute LRT Jabodebek terbagi menjadi dua line, yakni Cibubur Line (blue line) dan Bekasi Line (green line).

Adapun Cibubur Line melayani rute Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan ke Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur.

Baca juga: 7 Fasilitas di Terminal Kampung Rambutan, Ada Stasiun LRT

Sedangkan, Bekasi Line melayani rute Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan ke Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com