Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa 

Kompas.com - 06/09/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan konservasi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Secara administratif, Alas Purwo masuk wilayah Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Alas Purwo kerap dikaitkan dengan hal mistis dan angker oleh sebagian masyarakat. Namun terlepas dari kesan mistis tersebut, Alas Purwo ternyata mempunyai banyak pesona alam.

Baca juga:

Selain itu, ada beragam fakta Alas Purwo yang menarik untuk diketahui. Kompas.com merangkum fakta Alas Purwo sebagai berikut.

1. Luas 44.037 hektare

Taman Nasional Alas Purwo membentang di atas lahan seluas 44.037 hektare, seperti dikutip dari laman Taman Nasional Alas Purwo.

Taman nasional ini, terbagi menjadi sejumlah zona. Meliputi, zona inti, zona rimba, zona rehabilitasi, zona tradisional, zona pemanfaatan, zona khusus, serta zona religi, budaya dan sejarah.

2. Hutan tertua di Pulau Jawa 

Taman Nasional Alas Purwo, geopark yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Taman Nasional Alas Purwo, geopark yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Alas Purwo merupakan hutan tertua di Pulau Jawa, berdasarkan informasi dari Indonesia.go.id. Sebelum menjadi taman nasional, Alas Purwo lebih dulu ditetapkan sebagai cagar alam sejak 1920 silam, berdasarkan informasi dari situs resminya.

Kawasan ini menjadi habitat bagi sekitar 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

3. Obyek wisata komplit 

Alas Purwo merupakan kawasan hutan yang mempunyai ekosistem yang utuh di Pulau Jawa. Ekosistem yang dimiliki Alas Purwo, mulai dari hutan, pantai, mangrove, hutan bambu, savana, dan goa.

Selain ekosistem alam, terdapat situs budaya, sejarah, dan religi di Alas Purwo. Beragam ekosistem tersebut menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga:

Pantai Plengkung, Banyuwangi DOK. ShutterstockShutterstock Pantai Plengkung, Banyuwangi DOK. Shutterstock

Berikut sejumlah destinasi wisata di Alas Purwo:

Pantai: Pantai Plengkung (G-Land), Pantai Trianggulasi, Pantai Ngagelan, Pantai Cungur, Pantai Teluk Biru, dan Pantai Pancur.

Goa: Goa Istana, Goa Mayangkoro, Goa Padepokan, Goa Basori, Goa Songgo Langit, dan Goa Jepang. Goa-goa tersebut dipakai sebagai tempat semedi dan habitat kelelawar serta ular.

Savana: Savana Sadengan, yang merupakan padang gembala atau feeding ground buatan seluas sekitar 80 hektar. Pengunjung dapat menemukan aneka mamalia besar, seperti banteng, kijang, dan rusa di alam bebas

Wisata budaya, sejarah, dan religi: Situs Kawitan, Pura Luhur Giri Salaka, Makam Gandrung.

Mangrove: Mangrove Bedul yang merupakan hutan mangrove terluas di Pulau Jawa. Wisatawan bisa berkeliling area hutan mangrove dengan menyewa perahu nelayan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com