Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pesona Taman Nasional Bali Barat, Ada Pulau Menjangan

Kompas.com - 09/09/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Taman Nasional Bali Barat bisa menjadi alternatif destinasi wisata saat berkunjung ke Pulau Dewata. Ada banyak pesona yang dimiliki kawasan konservasi ini.

Berada di ujung barat Pulau Bali, taman Nasional ini secara administratif masuk wilayah Kabupaten Jembrana dan Buleleng. Dari Kota Denpasar, jaraknya sekitar 130 kilometer (km) atau 3 jam berkendara.

Baca juga:

Kompas.com merangkum pesona Taman Nasional Bali Barat, sebagai berikut:

1. Luas 77.000 hektare

Pemandangan alam di Taman Nasional Bali Barat (TNBB).DOK. SHUTTERSTOCK Pemandangan alam di Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Taman Nasional Bali Barat memiliki luas mencapai 77.000 hektare atau sekitar 10 persen dari luas daratan Pulau Bali, berdasarkan informasi dari website Taman Nasional Bali Barat.

Taman Nasional Bali Barat menawarkan beragam keindahan alam. Meliputi, hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, sabana, koral, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan dalam.

2. Habitat jalak Bali 

Burung Jalak Bali yang menjadi fauna identitas Provinsi Bali.
Shutterstock/Wang Sing Burung Jalak Bali yang menjadi fauna identitas Provinsi Bali.

Taman Nasional Bali Barat merupakan habitat asli satwa endemik yang menjadi ikon Pulau Bali, yaitu burung jalak Bali (leucopsar rothschildi).

Penemu burung jalak Bali adalah seorang ahli burung asal Inggris, Baron Stressmann pada 24 Maret 1911. Penemuan itu terjadi ketika Kapal Ekspedisi Malaku II yang mengangkut para peneliti, terpaksa mendarat di Singaraja selama tiga bulan.

Baron menemukan sebaran jalak Bali mulai dari Bubunan sampai Gilimanuk. Jumlahnya masih terbilang ratusan dan hidup berkelompok.

Sayangnya, dari tahun ke tahun daerah sebaran burung yang juga disebut Curik Bali ini, makin menyempit. Seiring jumlah populasinya yang kian susut, pelestarian jalak Bali terus dipacu.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

 

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com