Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Juni 2023, Airbus A380 Angkut 118.783 Penumpang Keluar-Masuk Bali

Kompas.com - 10/09/2023, 13:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sejak operasional perdana pada 1 Juni 2023 lalu atau 100 hari operasional, armada Airbus A380 milik maskapai penerbangan Emirates sudah membawa 118.783 penumpang ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Untuk diketahui, armada ini adalah pesawat komersial dengan kapasitas terbesar di dunia dengan kapasitas 615 penumpang per penerbangan.

Baca juga: Intip Mewahnya Kabin Pesawat A380 Emirates yang Mendarat Perdana di Bali

Dikutip dari Antara, hingga 8 September 2023, Airbus A380 tersebut sudah melakukan 200 pergerakan pesawat, dengan pembagian 58.938 penumpang datang dan 59.845 penumpang berangkat.

“Sejak operasional perdananya hingga saat ini, pesawat Airbus A380 yang dioperasikan Emirates dengan rute Dubai-Bali–Dubai telah melayani 118.783 penumpang,” kata General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, seperti dikutip dari Antara.

Adapun pesawat A380 tersebut saat ini pergi dua kali dalam sehari, dengan angka keterisian atau load factor mencapai 98 persen dan rata-rata melayani 602 penumpang per penerbangan. Rute yang dilayani adalah Dubai-Bali-Dubai.

Baca juga: 541.353 Turis Asing Kunjungi Bali pada Juli 2023, Terus Meningkat

Untuk itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai berupaya untuk terus memastikan kelancaran operasi Airbus A380 tersebut, termasuk aspek keselamatan dan keamanan.

"Kami telah lakukan beberapa penyesuaian seperti menyediakan area parkir pesawat khusus A380, pengecekan runway secara berkala, serta memastikan seluruh fasilitas di dalam terminal beroperasi dengan optimal,” tuturnya.

Adapun pada Juni lalu, Chief Commercial Officer Emirates, Adnan Kazim mengatakan, layanan penerbangan dari Dubai ke Bali ini dibuka lantaran tingginya jumlah wisatawan yang ingin berlibur ke Bali, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Bali Capai 2,9 Juta Kunjungan Wisman, Target Akhir Tahun Diprediksi Tercapai

Bali disebut sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di jaringan dan pasar strategis Emirates di Asia Tenggara.

@kompastravel Itu dia soal Kaws di Candi Prambanan. Kamu ada yang ikutin tour Kaws: Holiday? Sejauh ini, di negara mana nih instalasi Kaws favorit kamu? #kaws #kawsholiday #kawsholidayindonesia #candiprambanan #exploreindonesia #pamerankaws ? ditto - Instrumental - no/vox & karaokey & Tazzy
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com