Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Cinta Gorontalo, Maladewa ala Indonesia

Kompas.com - 11/09/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pulau Cinta atau Pulo Cinta merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Provinsi Gorontalo. Daya tarik Pulau Cinta adalah pulau kecil yang berbentuk hati serta dikelilingi pasir putih dan lautan biru yang indah.

Dengan segela keindahannya tersebut, Pulau Cinta dijuluki sebagai Maladewa-nya Indonesia, lho. Keindahan panorama Pulau Cinta ini berhasil menarik minat wisatawan nusantara hingga mancanegara.

Baca juga:

Awalnya, pulau kecil ini tidak berpenghuni. Namun, saat ini Pulau Cinta telah dikembangkan menjadi kawasan resor yang memiliki berbagai fasilitas wisata eksklusif dan romantis, berdasarkan informasi dari situs web BPKP Provinsi Gorontalo.

Pulau romantis ini berada di antara 23 pulau tidak berpenghuni di Teluk Tomini, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Penasaran dengan Pulau Cinta Gorontalo? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Legenda Pulau Cinta 

Pulo Cinta Eco Resort di Pulau Cinta, Teluk Tomini, GorontaloShutterstock/Maya Maryam Zuhra Pulo Cinta Eco Resort di Pulau Cinta, Teluk Tomini, Gorontalo

Nama Pulau Cinta diambil dari bentuk pulau kecil tersebut yang menyerupai hati, lambang cinta. Selain itu, ada legenda menarik dari Pulau Cinta Gorontalo ini, seperti dikutip dari situs web Pulo Cinta.

Menurut legenda, Pulau Cinta merupakan tempat rahasia bertemunya pasangan kekasih. Sang pria merupakan Pangeran muda Gorontalo, sedangkan sang wanita adalah putri saudagar Belanda.

Pertempuran dan konflik antara Indonesia dan Belanda membuat sepasang kekasih tersebut tidak bisa bersatu. Oleh sebab itu, keduanya bertemu dengan diam-diam di Pulau Cinta ini.

Masyarakat setempat meyakini legenda tersebut sehingga Pulau Cinta terkenal sebagai destinasi wisata romantis.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com