Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Museum Islam Nusantara di Lasem Rembang, Ada Ornamen Al Quran yang Dipahat di Kayu

Kompas.com - 17/09/2023, 21:50 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Jika sedang berkunjung ke Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mampirlah juga ke Museum Islam Nusantara.

Museum ini baru soft opening pada Sabtu (16/9/2023) yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Salah satu keunikan museum ini adalah bentuk bangunannya yang menyerupai rumah gadang, rumah adat khas Minangkabau, Sumatera Barat.

Baca juga: Berbentuk Rumah Gadang, Uniknya Museum Islam Nusantara di Lasem Rembang

Dengan berkunjung ke museum ini, pengunjung bisa menyaksikan keunikan rumah gandang tanpa harus jauh-jauh pergi ke Sumatera Barat.

Lokasi museum ini juga strategis karena berada di tengah kota, tepatnya kompleks Masjid Jami’ Lasem, sebelah barat Alun-alun Lasem.

Ada apa saja di Museum Islam Nusantara Lasem?

Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Museum Islam Nusantara di Lasem memiliki tiga lantai.

Baca juga: Lokasi Museum Islam Nusantara di Lasem, Rembang, Dekat Alun-alun

Lantai pertama berisi arsip dan benda-benda bersejarah. Kemudian, lantai dua terdapat rangkaian sejarah lengkap dengan figur-figur penting. 

Museum Islam Nusantara di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.Dok. Kemenparekraf Museum Islam Nusantara di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Figur-figur penting itu, mulai dari Walisongo hingga sosok Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Selanjutnya di lantai tiga, terdapat ornamen kaligrafi Al Quran 30 juz yang dipahat di kayu jati, baik secara manual maupun menggunakan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com