Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemulihan Pariwisata Global Sudah Capai 84 Persen

Kompas.com - 22/09/2023, 13:22 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

 

KOMPAS.com - Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) menyebutkan, pemulihan pariwisata global disebut sudah mencapai 84 persen dari angka prapandemi, pada akhir Juli 2023.

Berdasarkan data tersebut, pariwisata Timur Tengah, Eropa, dan Afrika berada di garis depan kebangkitan sektor pariwisata global.

Di antara ketiganya, Tumur Tengah adalah satu-satunya wilayah yang sejauh ini telah melampaui angka pada 2019.

Baca juga:

Pada periode Januari hingga Juli 2023, sebanyak 700 juta wisatawan tercatat melakukan perjalanan internasional atau naik 43 persen dari periode yang sama tahun lalu, seperti dikutip dari Schengen Visa Info. 

Berdasarkan data UNWTO, angka perjalanan pariwisata global mencapai puncaknya pada Juli dengan 145 juta wisatawan internasional atau lebih dari 20 persen dari total periode tujuh bulan.

"Wilayah di dunia yang telah mencatat tingkat pemulihan pariwisata yang tinggi selama tujuh bulan pertama tahun 2023 (adalah) Timur Tengah menonjol sebagai wilayah dengan kinerja tertinggi, dengan jumlah kunjungan melebihi tingkat sebelum pandemi sebesar 20 persen," ujar Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili. 

Eropa juga tercatat mengalami pemulihan hingga 91 persen dari tingkat sebelum pandemi.

Kemajuan tersebut didorong oleh permintaan regional yang tinggi dan peningkatan perjalanan dari Amerika Serikat menuju Eropa.

Baca juga:

Sementara Afrika dinilai membuat langkah signifikan dalam pemulihan pariwisata dan berhasil mendapatkan kembali 92 persen dari jumlah pengunjung sebelum krisis atau selama tujuh bulan pertama tahun ini, sedangkan Amerika mencapai 87 persen.

Adapun di Asia dan Pasifik, pemulihan naik menjadi 61 persen dari tingkat kedatangan sebelum pandemi.

Kebangkitan ini didorong oleh pembukaan kembali dari banyak destinasi dan pasar-pasar sumber pada akhir 2022 dan awal 2023.

"Hasil ini membuktikan bahwa pariwisata internasional berada di jalur yang tepat untuk mencapai antara 80 persen dan 95 persen dari tingkat sebelum pandemi pada akhir tahun 2023," ungkap UNWTO.

Sementara untuk prospek periode September hingga Desember 2023, berdasarkan Indeks Keyakinan UNWTO terbaru menunjukkan bahwa pemulihan pariwisata akan terus berlanjut.

Baca juga:

Namun, pemulihan akan secara bertahap, terutama jika dibandingkan dengan puncak perjalanan, yakni periode Juni hingga Agustus 2023.

UNWTO memprediksi, dampak positif terhadap perjalanan berasal dari pembukaan kembali pasar-pasar dan destinasi wisata di China dan negara Asia lainnya, yang akan mendorong pertumbuhan pariwisata di berbagai belahan dunia. 

Namun, seiring dengan pulihnya pariwisata global, kondisi ekonomi yang menantang juga menjadi faktor penting yang memengaruhi dan perlu diperhatikan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com