Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jogja Spoor Day Jadi Wisata Edukasi Anak-anak Soal Kereta Api

Kompas.com - 29/09/2023, 18:06 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Balai Yasa Yogyakarta, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 dan Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar Jogja Spoor Day dari Jumat (29/9/2023) hingga Minggu (1/10/2023).

Acara ini juga dianggap sebagai sarana edukasi transportasi publik bagi anak-anak. Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, event ini memberi pengalaman anak-anak untuk merasakan langsung bagaimana naik transportasi umum.

“Ini juga untuk mengedukasi anak pentingnya transportasi publik, ditanamkan sejak dini,” ujar Singgih ditemui di Balai Yasa Yogyakarta, Jumat (29/9/2023).

Baca juga: KAI Expo 2023 Digelar, Diskon Tiket Kereta Api mulai Rp 50.000

Anak-anak juga dikenalkan dengan macam-macam profesi yang bekerja, baik itu di atas kereta maupun di bengkel kereta. Mengingat Balai Yasa sendiri merupakan bengkel kereta yang ada di Yogyakarta.

“Profesi pegawai di sini bisa menginspirasi anak-anak. Ada bengkel lokomotif ini bagus bisa mengetahui bagaimana cara memperbaiki lokomotif,” kata dia.

Acara ini juga bertepatan pada 3 momentum yakni World Tourism Day dengan tema tourism and green investment, bertepatan Ultah ke 78 KAI, dan menyambut HUT 267 Kota Yogyakarta.

Pengunjung Jogja Spoor Day mengikuti dan menyaksikan berbagai aktivitas, mulai dari wahana Kereta Rel Diesel Elektronik (KRDE), wahana workshop tour, dokumentasi sejarah perkeretaapian, hingga pemeriksaan kesehatan dan berbagai aktivitas lainnya. 

Baca juga: Ingin Ikut Uji Coba Kereta Cepat dari Bandung, Bisa Naik DAMRI Gratis ke Stasiun

Kepala Balai Yasa Yogyakarta, Eko Windu Widyo Purnomo mengatakan tahun lalu acara serupa dapat menarik pengunjung sebanyak 14.000 orang. Pada tahun ini, ditargetkan ada 20.000 pengunjung.

"Animo masyarakat sangat tinggi, selama tiga hari ada 14.000 pengunjung. Tahun ini yang sudah reservasi ada 20.000 pengunjung," kata Eko.

Edukasi anak-anak soal perkeretaapian

Eko mengatakan pada acara ini sekaligus digunakan untuk sarana wisata edukasi bagi anak-anak terutama edukasi soal perkeretaapian.

"Penyelenggaraan acara ini memberikan konsep baru sekaligus untuk edukasi perkeretaapian. Serta dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang berkelanjutan,” ucap dia.

Ilustrasi kereta api. KOMPAS.com/DANDY BAYU BRAMASTA Ilustrasi kereta api.

pengunjung Jogja Spoor Festival Wisata Belanja dan Kuliner 2023 asal Kampung Tahunan Kota Yogya, Wahyu Dwi bersama istri dan kedua anaknya menceritakan pengalamannya.

Menurut mereka, kegiatan tersebut sangat menarik dan memberikan pilihan baru untuk mengajak anak berlibur sekaligus belajar.

Baca juga: Jadwal Terbaru KA Argo Muria, Semarang Tawang-Gambir PP

“Sejak ada info kegiatan ini, anak-anak sudah nggak sabar dan antusias sekali karena memang ini bagus ya, bisa ajak anak main ke sini tapi juga dapat edukasi soal kereta api dan bisa naik kereta gratis, ujar Wahyu.

Ia berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan durasinya semakin lama, supaya makin banyak orangtua yang bisa ajak anak-anaknya menikmati wisata edukasi kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com