Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Berkunjung ke Museum Tekstil Jakarta, Coba Ikut Membatik

Kompas.com - 02/10/2023, 11:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu cara seru merayakan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober yaitu dengan mencoba membatik secara langsung.

Pengalaman ini bisa dirasakan ketika berkunjung ke Pendapa Batik, Museum Tekstil. Lokasinya ada di Jalan K.S. Tubun Nomor 2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat.

"Pada dasarnya syarat yang disebut sebagai kain batik itu ada dua, yaitu ditulis menggunakan lilin malam dan canting," kata petugas di Pendapa Batik, Museum Tekstil bernama Yeni kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (1/10/2023).

Baca juga: Cara ke Museum TekstiL Naik KRL dan TransJakarta

Jika tertarik mengenal lebih lanjut mengenai batik, kamu bisa langsung datang ke Pendapa Batik, Museum Tekstil.

Kawasan museum buka setiap Selasa sampai Minggu, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Bila belum pernah datang sebelumnya, panduan cara berkunjung ke Museum Tekstil ini sepertinya bisa membantu memudahkan.

Cara berkunjung ke Museum Tekstil

Masyarakat yang hendak berkunjung ke Museum Tekstil, bisa langsung datang ke lokasi dan membeli tiket masuk di loket tiket.

Tarif tiket masuk Museum Tekstil dibanderol mulai dari Rp 2.000 untuk kalangan anak-anak, mulai dari Rp 3.000 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 5.000 untuk kalangan dewasa.

Baca juga: Hari Batik Nasional: Sejarah, Pengertian, dan Keragaman Motif

Sementara untuk tiket rombongan minimal 30 orang, dikenakan biaya tiket mulai dari Rp 1.500 untuk kalangan anak-anak, mulai dari Rp 2.250 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 3.750 untuk kalangan. dewasa.

Sistem pembayaran tiket di loket melayani transaksi tunai, uang elektronik, maupun menggunakan kartu uang elektronik sepertu JakCard.

Pameran di Museum Tekstil, Minggu (1/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pameran di Museum Tekstil, Minggu (1/10/2023).

Setelah melakukan pembayaran tiket, pengunjung bisa langsung ke Museum Tekstil, Galeri Batik, atau belajar membatik di Pendapa Batik.

Ketiga lokasi gedung ini berdekatan, Galeri Batik berada di sebelah kanan dari arah gerbang masuk. Sementara Pendapa Batik berada di belakang gedung museum dan galeri.

Baca juga: Sejarah Batik di Indonesia, Dulu Jadi Seragam Pelajar STOVIA

Jika dibutuhkan, pengunjung juga bisa meminta bantuan kepada pemandu museum untuk dijelaskan mengenai isi museum dan galeri.

Cara membatik di Museum Tekstil

Khusus pengunjung yang hendak membatik, bisa langsung ke Pendapa Batik dan melapor ke petugas di lokasi.

"Membatik di sini tarifnya Rp 50.000 per orang (satu motif), ukuran kainnya 50 x 50 centimeter (cm). Sedangkan membatik di kain berukuran satu meter tarifnya Rp 200.000," kata Yeni.

Pengunjung di pendopo batik Museum Tekstil Jakarta, Minggu (1/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pengunjung di pendopo batik Museum Tekstil Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com