Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Batik Nasional, Ini 4 Tempat Belajar Membatik di Jakarta 

Kompas.com - 01/10/2023, 15:56 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh esok hari, Senin 2 Oktober 2023. Ada beragam cara untuk merayakan Hari Batik Nasional, salah satunya adalah belajar membatik.

Jika kamu berada di ibu kota, ada sejumlah tempat belajar membatik di Jakarta yang bisa dikunjungi.

Baca juga:

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah mendunia. Bahkan, batik sudah ditetapkan sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu.

Secara historis, batik berasal dari zaman nenek moyang sejak abad ke-17, seperti informasi dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejarah batik di Indonesia memiliki kaitan erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit serta penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa.

Tempat Belajar Membatik di Jakarta

Kompas.com merangkum tempat belajar membatik di Jakarta sebagai berikut

1. Kampung Batik Palbatu

Warga Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh ke Solo atau Yogyakarta untuk belajar membatik. Sebab, kamu bisa menemukan kampung batik di Jakarta, yakni Kampung Batik Palbatu, yang berlokasi di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

Di kampung ini, terdapat sanggar yang menyediakan kegiatan belajar membatik, seperti dikutip dari situs Pesona Indonesia. Selain belajar membatik, wisatawan bisa belanja kain batik dengan beragam motif, seperti motif topeng betawi, kembang api, burung gelatik, buah rambutan, dan sebagainya.

Uniknya, jalan dan dinding di sekitar Kampung Batik Palbatu juga dilukis dengan motif batik, sehingga suasananya begitu meriah. Bahkan, Kampung Batik Palbatu menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor jalan terpanjang dengan motif batik (133,9 meter) dan rekor jumlah rumah warga yang paling banyak dicat dengan motif batik.

2. Museum Tekstil 

Aktivitas membatik di pendopo Museum Tekstil, Jakarta, Minggu (1/10/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Aktivitas membatik di pendopo Museum Tekstil, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Museum Tekstil memiliki 2.500 koleksi tekstil dari seluruh Indonesia. Jadi, pengunjung bisa belajar karya seni tekstil dari seluruh Nusantara, seperti batik, songket, tenun, dan berbagai macam selendang. 

Mengutip Kompas.com (20/5/2023), salah satu aktivitas di Museum Tekstil adalah kelas membatik dan membuat jumputan, atau pembuatan motif kain dengan metode ikat celup.

Untuk mengikuti kelas membatik dan membuat jumputan tersebut, tarifnya adalah Rp 40.000. Nantinya, peserta kelas akan mendapatkan aneka pola batik, kain ukuran 40X40 sentimeter, lilin, dan perlengkapan membatik.

Baca juga:

Setelah setelah mengikuti kelas, peserta bisa membawa pulang hasil karyanya. Museum yang diresmikan pada 1976 ini, berada tidak jauh dari Stasiun Tanah Abang. Selain membatik, adapula aktivitas lain seperti fitting baju menggunakan AI, membaca buku, dan piknik di halaman museum.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com