Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Golo Curu di Ruteng NTT, Sajikan Keindahan dan Keunikan Budaya Manggarai

Kompas.com - 03/10/2023, 12:01 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Festival Golo Curu Maria Ratu Rosari, di Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai, akan berlangsung selama 7 hari yakni sejak 1 hingga 7 Oktober 2023.

Direktur Puspas Keuskupan Ruteng, Romo Marthin Chen menjelaskan bahwa dalam Festival Golo Curu, berbagai aspek iman itu terungkap dan terwujud melalui berbagai program dan kegiatan.

"Salam aspek budaya diselenggarakan berbagai pentas seni yang menyajikan keindahan dan keunikan kultural Manggarai," jelas Romo Martin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa pagi.

Baca juga: Festival Kopi Manggarai di Ruteng 4-6 Agustus, Bisa Ngopi hingga Belanja Tenun

Dalam aspek ekologi, lanjut dia, ada berbagai kegiatan kebersihan lingkungan hidup maupun penanaman pohon di sumber mata air. Dalam kegiatan sosial karitatif dibagikan sembako kepada kelompok rentan kelompok ODHA dan yatim piatu.

"Dalam tahun 2023 Keuskupan Ruteng berfokus pada program ekonomi berkelanjutan, Sejahtera, Adil, dan Ekologis (SAE)," ujarnya.

Karena itu, kata dai, dalam Festival Golo Curu diselenggarakan pameran ekonomi kreatif yang melibatkan pelbagai UMKM dari paroki-paroki dan kelompok ekonomi umat.

Hal itu kiranya dapat mendorong geliat ekonomi umat dan mewujudkan pariwisata holistik yang sungguh mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat lokal.

Baca juga: Wings Air Buka Lagi Penerbangan Ruteng-Kupang per 15 Maret 2023

Festival Golo Curu ini diselenggarakan dalam kerja sama yang erat dan harmonis antargereja dan Pemda Kabupaten Manggarai, serta melibatkan berbagai stake holder lainnya.

"Kerja sama jejaring inilah yang kiranya menjadi model kebersamaan Gereja dan Pemerintah serta masyarakat dalam mewujudkan tanah Nuca Lale yang makmur dan bahagia," ungkapnya.

Festival Golo Curu 2023

Ketua umum Festival Golo Curu tahun 2023 Jahang Fansi Aldus, menerangkan bahwa sejak tanggal 1 Oktober 2023, telah dibuka secara meriah Festival Golo Curu dengan misa di bukit Gua Maria Golo Curu Karot.

Setelah misa, Bunda Maria diarak dalam prosesi yang meriah menuju paroki St. Mikael Kumba. Selanjutnya selama sepakan Bunda Maria akan mengunjungi 7 Paroki di Kota Ruteng.

Prosesi ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 7 Okober 2023, dalam prosesi akbar dari Gereja Paroki Katedral Ruteng menuju Gereja St. Fransiskus Asisi Karot dan berakhir di bukit Golo Curu.

Baca juga: Tradisi Malam Natal di Ruteng NTT, Hantar Patung Yesus

Perayaan Ekaristi agung Bunda Maria Ratu Rosari akan berlangsung di Gereja Paroki St. Fransiskus Asisi Karot.

"Jadi Festival Golo Curu pertama-tama adalah kegiatan spiritual untuk memperteguh dan merayakan iman umat kepada Yesus Kristus Sang Penebus melalui Bunda-Nya Perawan Maria," kata Fansi.

Ia menjelaskan, Devosi kepada Bunda Maria di Bukit Golo Curu adalah tradisi yang sudah lama mengakar dalam kehidupan Umat Allah di Keuskupan Ruteng dan di Kota Ruteng pada khususnya.

Baca juga: Wisata ke Air Terjun Cunca Rede Setinggi 43 Meter di TWA Ruteng NTT

Fansi juga mengatakan umat mendaraskan doa Rosario dalam segala situasi hidupnya baik suka maupun duka.

Melalui doa Rosario itu mereka merasakan dekapan kasih perlindungan sang Bunda dan kekuatan dari Yesus Kristus Putranya. Karena itulah, Maria Ratu Rosari yang dirayakan oleh Gereja pada tanggal 7 Oktober menjadi pusat devosi dan kegiatan spiritual Festival Golo Curu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com