Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wayang Jogja Night Carnival 2023 Bidik 40.000 Wisatawan

Kompas.com - 03/10/2023, 22:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) akan kembali digelar di area Tugu Yogyakarta, Sabtu (7/10/2023), pukul 18.30 WIB.

Acara ini bertujuan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga:

"WJNC siap digelar agar mampu menarik lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta sekaligus melestarikan seni budaya wayang," ujar Pj Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo dalam Weekly Press Briefing yang dipantau daring, Senin (2/10/2023). 

Ia mengajak seluruh wisatawan untuk bisa datang ke Yogyakarta menikmati Wayang Jogja Night Carnival.

"Karena kami punya target 40.000 lebih wisatawan yang datang menikmati pertunjukan ini,” Singgih menambahkan.

WJNC diinisiasi oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung perhelatan tersebut.

“Kami dukung terus karena kalau dilihat ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta sudah banyak sekali kemajuan pascapandemi,” kata Menparekraf.

Baca juga:

Penampilan kolaborasi

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Daerah Istimewa Yogyakarta, akan kembali digelar di kawasan Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) pada Sabtu (7/10/2023). Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Daerah Istimewa Yogyakarta, akan kembali digelar di kawasan Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) pada Sabtu (7/10/2023).

WJNC edisi kedelapan ini merupakan bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara, yang menyuguhkan karnaval jalanan dengan konsep street art.

Acara ini akan menggabungkan tokoh dan lakon pewayangan, ditambah penampilan yang melibatkan seni koreografi, busana, serta musik kontemporer.

Tma yang diangkat dalam WJNC 2023 adalah “Pandawa Mahabiseka”, sebuah filosofi kepemimpinan yang bijaksana serta mengungkapkan sukacita atas rasa syukur kepada Tuhan.

Baca juga: Wayang Jogja Night Carnival Digelar 7 Oktober 2023, Bawakan Cerita Karangan Sri Sultan HB X

Singgih menambahkan, untuk penyelenggaraan WJNC tahun ini, akan ada tribun khusus sebagai bentuk apresiasi.

"Panitia menyediakan 400 kursi berbayar yang diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang menonton petunjukan WJNC," ujarnya. 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini terdapat dua starting point yakni di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pangeran Diponegoro.

Adapun finishing point adalah di Jalan Margo Utomo, seperti dilaporkan Kompas.com, Senin (2/10/2023). 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com