Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Jepang Ini Terapkan Pajak Turis Sebesar Rp 10.400

Kompas.com - 05/10/2023, 07:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pulau Miyajima di Prefektur Hiroshima, Jepang, menerapkan pajak wisatawan sebesar 100 yen (sekitar Rp 10.474) per orang, mulai Minggu (1/10/2023).

Salah satu daya tarik pulau ini adalah Kuil Itsukushima dengan torii (gerbang) oranye yang mengambang di air. Wisatawan pun kerap memotret torii tersebut.

Baca juga:

Bertajuk Miyajima Visitor Tax (Pajak Pengunjung Miyajima), peraturan ini bertujuan mencegah overtourism, atau kunjungan wisatawan yang berlebihan, dilansir dari CNN, Rabu (4/10/2023).

"Untuk mewariskan kepada masa depan alam dan budaya yang berharga dari pulau ini yang telah dilestarikan oleh semua orang yang memiliki hubungan dengan Miyajima, kami telah menciptakan Miyajima Visitor Tax," bunyi pernyataan dari laman resmi Another100Years-Miyajima, inisiatif di balik peraturan tersebut.

Hasil dari pajak tersebut akan digunakan untuk menjaga lingkungan, mendorong pemahaman budaya, dan mempromosikan ekowisata di pulau itu. 

Selain biaya 100 yen per orang per kunjungan, ada pula skema biaya tahunan sebesar 500 yen (sekitar Rp 52.346) jika ingin lebih leluasa mengunjungi pulau ini. 

Baca juga:

Dibayar saat hendak ke Pulau Miyajima

Gerbang atau torii Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima, Jepang.Dok. Unsplash/Laurentiu Morariu Gerbang atau torii Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima, Jepang.

Pajak wisatawan ini dibayarkan ketika wisatawan menaiki kapal ferry ke Pulau Miyajima. Pembayarannya bisa dilakukan bersamaan dengan tiket kapal yang dipesan sebelum berangkat. 

Pajak ini dikecualikan untuk penduduk setempat, anak-anak TK, orang-orang yang sehari-hari pergi-pulang kerja dan sekolah, pelajar yang tengah study tour, dan penyandang disabilitas.

Sebagai informasi, seluruh wilayah Pulau Miyajima telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Setonaikai, serta telah menjadi situs Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak tahun 1996.

Baca juga:

Kuil Itsukushima pun cukup terkenal, bahkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pernah mengunjungi kuil tersebut pada Mei 2023.

Dilansir dari The Mainichi, pada tahun 2019 tercatat ada 4,66 juta wisatawan mengunjungi Pulau Miyajima. Pada tahun 2021, angka tersebut menurun menjadi 1,88 juta kunjungan akibat pandemi Covid-19. 

Kemudian pada akhir Agustus 2023, sekitar 2,94 wisatawan telah mengunjungi Pulau Miyajima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com