Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Pameran Jejak Memori Naik KRL dan TransJakarta

Kompas.com - 11/10/2023, 12:54 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jauh sebelum banyaknya film Indonesia yang tayang di bioskop seperti saat ini, dunia perfilman Tanah Air dulu bermula dari bioskop keliling yang pertama kali dikenalkan oleh seorang fotografer bernama Talbot.

Berdasarkan informasi yang Kompas.com peroleh saat berkunjung ke Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta di Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), Talbot kala itu mengadakan pertunjukan bioskop pertama di Batavia Theater pada tahun 1896.

Baca juga:

Setelah itu, bioskop lainnya mulai bermunculan. Pada tahun 1899 hadirlah Manege Fuchs, bioskop pertama di Batavia dan Hindia Belanda yang berlokasi di Tanah Abang.

"Di Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta dijelaskan secara runtut mengenai perfilman dan bioskop di Batavia sejak 1896," kata pemandu Museum Sejarah Jakarta, Pasupatra di lokasi, Selasa (10/10/2023).

Jika hendak berkunjung ke Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta, lokasinya berada di dalam area Museum Sejarah Jakarta. Alamatnya di Taman Fatahillah Nomor 1, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Pengunjung yang hendak datang ke lokasi naik transportasi umum bisa memilih naik KRL Commuter Line ataupun TransJakarta.

Cara ke Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta naik KRL

Stasiun Jakarta Kota, stasiun terdekat dari Museum FatahillahDOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Stasiun Jakarta Kota, stasiun terdekat dari Museum Fatahillah

Stasiun KRL terdekat dari lokasi Pameran Jejak Memori Gempita Layar Perak Jakarta yaitu Stasiun Jakarta Kota, jaraknya sekitar 230 meter.

Wisatawan bisa jalan kaki dari pintu keluar stasiun sekitar tiga menit menuju Museum Sejarah Jakarta.

Wisatawan yang datang dari arah Stasiun Bogor, bisa naik kereta tujuan Jakarta Kota, lalu berhenti di stasiun akhir yakni Stasiun Jakarta Kota.

Sementara itu, wisatawan yang datang dari arah Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Jatinegara, bisa naik KRL ke Stasiun Manggarai. Kemudian berpindah kereta tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com