Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara ke Lokawisata Baturraden Banyumas, Bisa Naik Bus Wisata Gratis

Kompas.com - 22/10/2023, 22:48 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Lokawisata Baturraden merupakan salah satu obyek wisata populer di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Obyek wisata keluarga ini, berada di kaki Gunung Slamet sehingga memiliki udara sejuk yang cocok untuk melepas penat.

Daya tarik Lokawisata Baturraden adalah wisata alam dan wahana buatan dalam satu kawasan, yang bisa dinikmati segala usia dari anak-anak hingga dewasa. Meliputi, air terjun, danau, waterpark, pemandian air panas alami, taman, dan sebagainya. 

Baca juga:

Harga tiket masuk Lokawisata Baturraden cukup ramah kantong, yakni Rp 20.000 saat weekday dan Rp 25.000 saat weekend, berdasarkan informasi dari situs Visit Jateng.

Jika ingin berkunjung, obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB-16.00 WIB pada weekday dan 07.00 WIB-17.00 WIB pada weekend.

Bagi wisatawan luar kota, ada beragam cara ke Lokawisata Baturraden sebagai berikut:

1. Naik kereta 

Suasana Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO Suasana Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.

Wisatawan dari luar kota bisa naik kereta, kemudian turun di Stasiun Purwokerto yang berada di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Stasiun Purwokerto merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A.

Salah satu stasiun besar di Jawa Tengah ini, melayani kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Hampir semua kereta dengan rute kota-kota besar di Pulau Jawa akan berhenti di Stasiun Purwokerto, seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, dan Bandung.

Jadi, wisatawan yang datang dari luar kota bisa memilih kereta sebagai alternatif transportasi ke Lokawisata Baturraden. Dari Stasiun Purwokerto, wisatawan masih perlu menempuh perjalanan sekitar sekitar 13 kilometer (km) atau 25 menit berkendara.

Namun, tenang saja karena tersedia beragam moda trasnportasi dari Stasiun Purwokerto ke Lokawisata Baturraden.

2. Trans Banyumas 

Ilustrasi Bus Trans BanyumasDOK PEMKAB BANYUMAS Ilustrasi Bus Trans Banyumas

Trans Banyumas memiliki tiga rute. Salah satunya melayani koridor Terminal Notog Patikraja ke Terminal Baturraden.

Jadi, wisatawan bisa memilih Trans Banyumas sebagai salah satu alternatif moda transportasi ke Lokawisata Baturraden. Melansir dari Kompas.com (12/6/2023), harga tiket Trans Banyumas bagi penumpang umum adalah Rp 3.900 per orang.

Angkutan Bus Rapid Transit (BRT) ini, beroperasi mulai dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 20.50 WIB. Wisatawan bisa mengunduh aplikasi Teman Bus di Play Store untuk mengetahui informasi jadwal, rute, dan posisi bus secara real time.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com