Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata di Ho Chi Minh City Vietnam Dekat Bandara

Kompas.com - 24/10/2023, 23:18 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ho Chi Minh City adalah kota terbesar di Vietnam yang menjadi salah satu magnet wisata negara tersebut. Ada beragam destinasi wisata di Ho Chi Minh City, mulai dari wisata sejarah, budaya, perkotaan, dan belanja. 

Kota yang dulu bernama Saigon ini, menjadi salah satu pintu masuk ke Vietnam melalui Bandara Internasional Tan Shon Nhat. Wisatawan bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata dekat bandara di Ho Chi Minh City jika memiliki waktu terbatas saat berkunjung ke Negeri Naga Biru.

Baca juga:

Kompas.com merangkum tempat wisata dekat bandara di Ho Chi Minh City, sebagai berikut.

1. Independence Palace 

Independence Palace atau dikenal sebagai Istana Reunifikasi di Ho Chi Minh City, VietnamUnsplash/ CreateTravel Independence Palace atau dikenal sebagai Istana Reunifikasi di Ho Chi Minh City, Vietnam

Independence Palace atau dikenal sebagai Istana Reunifikasi merupakan salah satu peninggalan bersejarah di Vietnam. Istana yang dibangun pada 1962 ini, berjarak sekitar 6,6 kilometer (km) dari bandara.

Bangunan Independence Palace merupakan hasil karya arsitek Ngo Viet Thu, dengan gaya arsitektur perpaduan modern dan tradisional Vietnam. Pada masa Perang Vietnam, Independence Palace merupakan tempat tinggal sekaligus tempat kerja Presiden Vietnam.

Sementara pada masa Perang Dunia II, tempat ini menjadi markas tentara Jepang. Kini Independence Palace dibuka untuk wisatawan yang ingin menyaksikan sejarah Vietnam. 

2. Katedral Notre Dame 

Notre-Dame Cathedral Basilica Of Saigon atau Katedral Notre Dame di Ho Chi Minh City VietnamShutterstock/Richie Chan Notre-Dame Cathedral Basilica Of Saigon atau Katedral Notre Dame di Ho Chi Minh City Vietnam

Sekitar 450 meter dari Independence Palace, wisatawan bisa menjumpai Notre Dame Cathedral Basilica of Saigon atau dikenal sebagai Katedral Notre Dame. Sesuai namanya, tempat ibadah ini terinspirasi dari Katedral Notre Dame di Paris. 

Katedral ini merupakan saksi bisu penjajahan Perancis atas Vietnam. Wisatawan bisa menikmati arsitektur katedral yang begaya gothic nan megah.

Katedral Notre Dame termasuk bangunan bersejarah, yang dibangun pada masa kolonial Perancis antara 1863 dan 1880. Ciri khas katedral ini adalah dua menara lonceng yang memiliki tinggi 58 meter.

Baca juga:

3. Museum Sisa Perang

War Remnants Museum atau Museum Sisa Perang adalah wisata sejarah yang wajib dikunjungi saat berada di Ho Chi Minh. Jaraknya sekitar 850 meter dari Independence Palace.

Museum ini menampilkan sisa-sisa Perang Vietnam, seperti senjata, seragam perang, kapal, pesawat, dokumentasi foto, dan sebagainya. Bukti bersejarah tersebut menggambarkan betapa kejamnya Perang Vietnam pada masa lalu.

4. Ben Thanh Market

Suasana di Ben Thanh Market, Ho Chi Minh City, VietnamShutterstock/Nelson Antoine Suasana di Ben Thanh Market, Ho Chi Minh City, Vietnam

Ben Thanh Market adalah surga belanja dan kuliner di Ho Chi Minh yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berjarak sekitar 7,4 km dari Bandara Tan Shon Nhat.

Pasar tertua di Vietnam ini beroperasi siang dan malam hari. Wisatawan bisa menjumpai berbagai macam produk di Ben Thanh Market, seperti suvenir, pernak-pernik, pakaian, perhiasan, dan kuliner khas Vietnam.

Jika siang hari terlalu terik, kamu bisa berkunjung ke Ben Thanh Night Market, yang tidak kalah lengkapnya dengan siang hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com