Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3,8 Juta Turis Kunjungi Bali hingga September 2023

Kompas.com - 25/10/2023, 15:15 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Bali mencatat, sebanyak 3,8 juta turis mengunjungi Bali hingga September 2023.

Adapun target kunjungan turis tahun ini adalah 4,5 juta, sehingga Dispar Bali optimistis target tersebut dapat tercapai pada akhir tahun.

“Kalau sampai dengan September kemarin sudah mencapai 3,8 juta wisman, untuk target tahun ini 4,5 juta, karena rata-rata per bulan 520.000 kunjungan, jadi astungkara lah optimistis 4,5 juta lebih,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali Tjok Bagus Pemayun di Denpasar, Rabu (25/10/2023), seperti dikutip dari Tribun Bali.

Baca juga:

Tjok Bagus mengaku optimistis target tersebut tercapai meskipun saat ini Bali sedang berstatus darurat kekeringan.

Ia berharap, situasi tersebut tidak berdampak pada sektor pariwisata untuk jangka panjang.

Saat ini, upaya yang dilakukan Pemerintah Bali adalah berkordinasi dengan sejumlah asosiasi pariwisata untuk menyampaikan para para turis tentang situasi tersebut.

“Kalau masalah kekeringan kan sekarang hampir sebagian wilayah kena, jadi kami menginformasikan kepada wisatawan titik-titik mana yang kita perlu dihindari karena memang cuacanya agak ekstrem panasnya,” kata dia.

Kendati demikian, Dispar Bali tidak mau menganggap kondisi kekeringan ini sebagai hal sederhana.

Sebab, fenomena panas terik pada akhir tahun merupakan kondisi yang terbilang baru. Oktober hingga Desember, kata dia, biasanya merupakan musim ramai di Bali karena dibarengi dengan musim hujan.

Baca juga:

Para turis pun diimbau untuk senantiasa memperbarui informasi seputar destinasi yang dikunjungi agar mengetahui kondisi cuaca terkini.

"Kami berharap melihat informasi (kondisi di tiap obyek wisata) baik itu dari pemandunya atau pun dari media-media yang ada,” tuturnya.

@kompastravel Kalau berkunjung ke Jawa Timur jangan skip ke Taman Nasional Baluran yaa.. Biar ga nyesel.. Ini harga tiketnya ya: Wisatawan nusantara: Rp 16.000 hari kerja dan Rp 18.500 hari libur Wisatawan mancanegara Rp 165.000 hari kerja dan Rp 240.000 hari libur Tiket kendaraan roda 2: Rp 5.000 hari kerja dan hari libur Tiket kendaraan roda 4: Rp 10.000 hari kerja dan hari libur Tiket kendaraan roda 6: Rp 50.000 hari kerja dan hari libur #tamannasionalbaluran #explorejawatimur #jawatimurhits #banyuwangitourism #javatourism ? In The Forest (Acoustic Indie No Copyright) - Instrumental - Lesfm & Olexy
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com