Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Masih Keliru Antara Swiss dan Swedia

Kompas.com - 26/10/2023, 18:16 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ternyata, masih banyak orang yang keliru antara Swedia dan Swiss, yang dalam Bahasa Inggris Sweden dan Switzerland.

Setiap tahunnya, sekitar 120.000 orang mengakses lewat mesin pencari Google untuk bertanya: "apakah Swedia dan Swiss sama?".

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Liburan ke Swiss?

Tak hanya masyarakat biasa, rupanya sejumlah tokoh-tokoh di berbagai belahan dunia, seperti pemimpin dunia, Bursa Efek New York, dan selebritas ternama disebut masih ada yang keliru.

Dikutip dari sebuah studi terbaru yang diinisiasi Visit Sweden, 50 persen responden dari Amerika Serikat, misalnya, tidak yakini bisa membedakan budaya Swedia dan Swiss.

Kebingungan ini membawa dampak yang cukup besar, yakni satu dari 10 responden dari Amerika mengakui memesan atau hampir memesan penerbangan, serta tur atau aktivitas ke negara yang salah ketika hendak bepergian ke Swiss maupun ke Swedia.

Sementara itu, lebih dari 1 dari 10 responden dari Inggris Raya mengaku sulit membedakan Swiss dan Swedia, dengan 28 persennya juga menyebut IKEA atau ABBA sebagai hal yang mereka sukai dari Swiss, bukannya Swedia.

Baca juga: 6 Konsep Bahagia di Beberapa Negara, Ada dari Jepang dan Swedia

Kondisi ini membuat badan pariwisata Swedia, Visit Sweden sampai membuat sebuah video untuk menjelaskan perbedaan keduanya.

"Jika orang-orang kesulitan membedakan dua negara berbeda ini, kami harus membantu mereka. Kami tidak bisa mengubah nama negara kami, tapi kami bisa membuatnya berbeda. Swedia menawarkan kemewahan alam yang berbeda. Itulah mengapa kami meyakini inilah saatnya memutuskan siapa mempromosikan apa dan semoga kami bisa mencapai kesepakatan, ucap CEO Visit Sweden, Susanne Andersson, seperti dikutip dari PR Newswire, Selasa (24/10/2023).

Potongan video Visit Sweden (not Switzerland).DOK VISIT SWEDEN Potongan video Visit Sweden (not Switzerland).

Video tersebut juga menggarisbawahi beberapa aspek yang diyakini bisa menarik perhatian para wisatawan, tetapi dalam gaya yang cukup humoris, termasuk judul video yang dibuat dengan sentuhan humor, yakni "Selamat Datang di Swedia (Bukan Swiss)".

Salah satu poin yang disampaikan lewat humor dalam video tersebut adalah ketika Susanne menyebutkan bahwa Swedia fokus pada "sandbank" alias hamparan pasir, sementara Swiss pada "bank", dan lain sebagainya.

Baca juga: 8 Kota Terindah di Swiss yang Wajib Dikunjungi 

Nah, bagaimana denganmu, apakah sempat keliru juga dengan Swiss dan Swedia?

@kompastravel Guys, Gramedia punya konsep baru yang bikin kita bisa nongkrong kayak di kafe… Habis belanja-belanja kita bisa nongkrong atau nugas.. Ada yang bisa tebak ini di mana?? #jakartahits #explorejakarta #gramediajakarta #jakartanongkrong ? 3D (feat. Jack Harlow) - Jung Kook & Jack Harlow
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com