Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinpar Gunungkidul Antisipasi agar Peristiwa Seperti Jembatan Kaca Pecah di Banyumas Tidak Terjadi

Kompas.com - 27/10/2023, 13:03 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau pengelola tempat wisata tetap memperhatikan keselamatan pengunjung.

Apalagi beberapa obyek wisata menggunakan wahana kaca untuk berfoto di kawasan pantai selatan. Salah satunya adalah Teras Kaca Pantai Nguluran

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul Priyanta mengatakan, pihaknya sudah membuat surat edaran tentang peningkatan pengawasan terhadap atraksi wisata yang memiliki risiko tinggi.

Baca juga: Hutan Pinus Limpakuwus di Banyumas Tutup Sementara, meski Jembatan Kaca yang Pecah di Luar Kawasan

Dalam SE itu, ada tujuh hal yang harus diperhatikan oleh pengelola tempat wisata dengan wahana risiko tinggi.

Beberapa di antaranya memastikan SOP yang berlaku sesuai atraksi wisata masing-masing secara konsisten dan disiplin, melakukan perawatan secara berkala, dan melakukan penggantian apabila diperlukan. 

"Melakukan pembatasan pengunjung dan memberikan durasi waktu untuk menikmati atraksi wisata tertentu," kata Priyanta kepada Kompas.com melalui telepon Jumat (27/10/2023)

Dikatakannya untuk wisata semacam jembatan kaca, harus ada pembatasan jumlah pengunjung serta durasi waktu sekali naik.

Baca juga: 4 Fakta Jembatan Kaca di Banyumas yang Pecah dan Tewaskan 1 Wisatawan

Untuk atraksi jip wisata maupun kendaraan sejenis, juga diperhatikan keselamatan maupun jumlah penumpang.

"Kita sudah membuat SE kepada pengelola untuk meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan SOP, cek peralatan, daya tampung dan daya dukungnya. Harapannya untuk keselamatan dan kenyamanan wisatawan," kata dia.

Standar keamanan di Teras Kaca Pantai Nguluran

Sementara Manager Marketing Teras Kaca, Pantai Nguluran, Panggang, Gabilla Nasution mengatakan, wisata Teras Kaca sudah berdiri sejak tahun 2018.

Untuk keamanan jembatan di Pantai Nguluran, pihaknya memasang kaca dengan ketebalan 12 milimeter dengan disangga baja yang cukup rapat.

Giant Terazzz di Teras Kaca Pantai Nguluran.Instagram @teraskaca Giant Terazzz di Teras Kaca Pantai Nguluran.

Pihaknya juga melakukan perawatan selama tiga sampai empat bulan sekali. Pengunjung juga harus mematuhi peraturan khusus terkait keamanan, salah satunya tidak boleh membawa koin. 

"Ketebalan kaca untuk teras itu 12 milimeter dan ada wahana yang bajanya sudah kami ganti. Jadi kami sudah mengantisipasi untuk keamanan pengunjung," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com