Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 November 2023, Daftar Pendakian Gunung Gede Pangrango Lebih Mudah via Aplikasi

Kompas.com - 27/10/2023, 14:02 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melakukan soft launching aplikasi pendakian yang diberi nama "Siap Gepang" atau Sistem Aplikasi Pendakian Gede Pangrango, beberapa waktu lalu, tepatnya pada Rabu (18/10/2023). 

Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo mengatakan, aplikasi Siap Gepang ini akan mulai dioperasionalisasikan per 1 November 2023.

“Semua proses booking pendakian terintegrasi di aplikasi ini,” kata Sapto usai peluncuran Siap Gepang di kantornya, dikutip dari Kompas.com (18/10/2023).

Baca juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Tutup pada 27-29 Oktober 2023

Dengan demikian, seluruh proses pendaftaran dan pembayaran tiket masuk untuk kegiatan pendakian dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki sejumlah keunggulan. Dikutip dari laman Gedepangrango.org, Jumat (27/10/2023), sistem aplikasi booking online ini ramah pengguna (user-friendy), sehingga mudah dan tidak ribet dalam pendaftaran pendakian.

Baca juga: Kebakaran di Alun-alun Suryakencana Gunung Gede, Bunga Edelweiss Ikut Terbakar

Kemudian, keunggulan aplikasi lainnya adalah karena User Interface atau UI dan User Experience atau UX yang bersifat kekinian mengikuti zaman sekarang. Serta bisa menggunakan perangkat apapun, seperti Windows, Android, dan iOS. 

Aplikasi Siap Gepang permudah pendaftaran

Dilansir dari laman Antara, peluncuran aplikasi Siap Gepang juga dilakukan untuk menyederhanakan sistem pendaftaran bagi calon pendaki.

Mulai Selasa (10/5/2022), pendakian Gunung Gede Pangrango Jawa Barat kembali dibuka. Meski menjadi andalan gunung untuk didaki saat 17 Agustus, Gunung Gede Pangrango tutup untuk 17 Agustus 2022.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Mulai Selasa (10/5/2022), pendakian Gunung Gede Pangrango Jawa Barat kembali dibuka. Meski menjadi andalan gunung untuk didaki saat 17 Agustus, Gunung Gede Pangrango tutup untuk 17 Agustus 2022.

Sapto menjelaskan, sebelumnya calon pendaki harus melakukan registrasi dengan mengisi banyak data yang dinilai cukup menyulitkan. Dengan aplikasi ini, sekarang pendaki cukup memasukkan NIK, umur dan barang bawaan, lalu membayar dengan QRIS.

"Setelah membayar dengan QRIS, calon pendaki mendapat kode booking. Aplikasi Siap-Gepang akan dirilis 1 November 2023 sebagai upaya memperketat pengawasan," katanya, dikutip dari Antara.

Baca juga: Alasan Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Saat 17 Agustus 2023

Sapto melanjutkan bahwa, terkait isian barang bawaan pendaki, akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas di pintu masuk.

Aplikasi Gepang minimalkan pendaki ilegal

Saat pemeriksaan, kata Sapto, termasuk ketika pendaki melakukan pelanggaran, sistem aplikasi langsung memasukkan namanya dalam daftar hitam atau blacklist, sehingga selanjutnya tidak dapat lagi melakukan registrasi.

"Bahkan apabila saat turun kembali pendaki tidak melapor, tidak membawa sampah dari atas, termasuk melebihi jadwal pendakian, secara otomatis sistem pada aplikasi akan memasukkannya ke dalam catatan hitam terhadap pendaki selama dua tahun," jelas Sapto.

Peluncuran aplikasi Siap Gepang atau sistem aplikasi pendakian Gede Pangrango di kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Peluncuran aplikasi Siap Gepang atau sistem aplikasi pendakian Gede Pangrango di kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).

Disebutkan bahwa selain untuk memberi kemudahan dan menyederhanakan proses booking bagi calon pendaki, kehadiran aplikasi ini sebagai salah satu upaya untuk meminimalisasi kegiatan pendakian ilegal.

“Karenanya, seiring dengan kehadiran aplikasi ini, kita juga terus mengoptimalkan fungsi CCTV di seluruh kawasan konservasi, terutama di jalur-jalur pendakian. Jumlahnya kita tambah dan kualitas perangkatnya juga ditingkatkan,” ujar dia.

Sapto menjelaskan, aplikasi ini tidak hanya mengatur teknis pemesanan tiket, tapi juga berbagai fitur berkaitan dengan prasyarat dan aturan pendakian hingga larangan dan sanksi.

Baca juga: Aturan Mendaki Gunung Gede Pangrango yang Akan Buka, Dilarang Buat Api Unggun

Sebagai informasi, biaya tiket pendakian Gunung Gede Pangrango selama dua hari satu malam adalah sebesar Rp 29.000 untuk hari kerja dan Rp 34.000 pada akhir pekan.

Sedangkan untuk pelajar atau mahasiswa yang ingin mendaki dikenakan harga berbeda, dengan syarat minimal 10 orang dan membawa kartu identitas pelajar atau mahasiswa. Harga tiket hari kerja mulai Rp 17.500 dan Rp 20.500 untuk hari libur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com