Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Berkunjung ke Wisata Agro Kaligua Brebes, Matikan AC Kendaraan 

Kompas.com - 27/10/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Brebes memiliki kebun teh yang legendaris, yakni Wisata Agro Kaligua. Disebut kebun teh legendaris, lantaran kebun teh Kaligua merupakan peninggalan masa kolonial Belanda, yang didirikan pada 1832.

Baca juga: Wisata Agro Kaligua, Kebun Teh Legendaris di Brebes

Koordinator Wisata Agro Kaligua, Suroso mengatakan, daya tarik Wisata Agro Kaligua adalah hamparan kebun teh seluas 620 hektare yang berada di ketinggian 1.500-2.050 mdpl.

Pada 2003, wisata kebun teh Kaligua mulai dikelola secara komersial oleh PTPN IX bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Brebes.

“Wisata Agro Kaligua adalah wisata alam yang menawarkan keindahan alam, terutama hamparan kebun teh dan kesejukan udara di Kaligua,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Tak hanya menikmati pemandangan hamparan kebun teh hijau, wisatawan yang berkunjung akan disuguhi panorama Gunung Slamet dan Gunung Cermai. Saat menjelajahi area kebun teh Kaligua, wisatawan bisa menjumpai Goa Jepang yang merupakan saksi bisu kerja paksa romusha pada masa penjajahan Jepang.

Wisata Agro Kaligua juga memiliki spot populer yakni Puncak Sakub, yang merupakan lokasi tertinggi di kawasan kebun teh ini di ketinggian 2.050 mdpl. Wisatawan juga akan menjumpai jembatan kayu di atas dan tuk bening alias mata air yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

“Lokasi tuk bening di tengah kebun teh Kaligua, jadi satu pintu masuk ke arah Goa Jepang, sekitar 300 meter dari Goa Jepang,” kata Suroso.

Baca juga: Sirah Pemali Brebes, Wisata Mata Air di Tengah Hutan Pinus

Wisata Agro Kaligua juga menawarkan wisata edukasi pengolahan teh. Suroso mengatakan, wisatawan dapat melihat pengolahan teh langsung di pabrik yang merupakan peninggalan Belanda.

Harga tiket masuk Wisata Agro Kaligua cukup ramah kantong, yakni Rp 20.000 per orang berlaku untuk weekday dan weekend. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Jika ingin berkunjung, lokasi Wisata Agro Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Sebelum berkunjung, simak dulu tips wisata ke kebun teh Kaligua berikut ini agar liburanmu makin menyenangkan.

Hamparan kebun teh di Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.
Tangkapan layar situs Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes Hamparan kebun teh di Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.

1. Matikan AC kendaraan 

Suroso menyarankan, wisatawan yang membawa kendaraan roda empat untuk mematikan AC saat memasuki wilayah kebun teh Kaligua. Sebab, udara di kawasan tersebut relatif dingin bisa mencapai 4 derajat celcius, berdasarkan informasi dari situs Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes.

Oleh sebab itu, sebaiknya AC kendaraan dimatikan agar pengunjung tidak merasa kedinginan.

“Kalau wisatawan pakai mobil, jika sudah masuk ke pertigaan arah kebun teh Kaligua, saya sarankan sebaiknya AC dimatikan,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com