Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Naik Bus Wisata Jakarta ke PIK, Jangan Kesorean

Kompas.com - 15/11/2023, 16:43 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik bus wisata tingkat jadi salah satu opsi kendaraan untuk berwisata ke Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara yang berbatasan dengan Tangerang.

Bus wisata gratis ini telah disediakan oleh PT Transjakarta sejak 2014. Terbaru, ada rute BW9 (Kali Besar-PIK) yang beroperasi, selain tiga rute lainnya.

Baca juga: Pengalaman Naik Bus Wisata Jakarta Terbaru, Lihat PIK dari Ketinggian

Bagi yang ingin jalan-jalan hemat atau berwisata ke daerah PIK, dapat mencoba bus wisata BW9 yang beroperasi setiap hari.

“Bus wisata beroperasi Senin sampai Minggu, pukul 10.00 (WIB)-17.00 WIB,” ujar pemandu bus wisata Transjakarta, Charlie saat ditemui Kompas.com, Jumat (10/11/2023).

Adapun Rute BW9 adalah Kali Besar 1-Buddha Tzu Chi-Gold Coast-Food Street-PIK 2 Pantjoran-Melody Golf-Pantai Maju-Melody Golf 2-Seberang Food Street-The Piano-Fresh Market PIK-PIK Avenue-Kali Besar 1.

Tips naik bus wisata Transjakarta

1. Naik di titik awal

Pemandangan di sebelah Halte Kali Besar, halte tempat menunggu bus wisata Transjakarta BW9. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pemandangan di sebelah Halte Kali Besar, halte tempat menunggu bus wisata Transjakarta BW9.

Bagi yang ingin mendapatkan tempat duduk dan masih sepi, usahakan naik dari titik keberangkatan awal yaitu Halte Kali Besar 1.

Dari Halte Kali Besar 1, kamu tidak akan berhenti sebelum memasuki tol dan tiba di PIK. Barulah di PIK kamu bisa berhenti di beberapa titik sesuai dengan rute.

Baca juga:

2. Jangan kesorean

Jam operasional bus wisata dari pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB, namun pukul 17.00 WIB adalah waktu bus-bus wisata kembali atau pulang ke halte.

Artinya, keberangkatan terakhir dari Halte Kali Besar 1 menuju PIK adalah sekitar pukul 15.00 WIB.

Agar bisa menaiki bus wisata, sebaiknya datang pagi atau siang hari dan jangan terlalu sore. Apalagi, bus wisata tidak memiliki jam kedatangan yang tetap sehingga pengunjung harus siap di haltet lebih awal.

“Intinya lebih enak pagi sih jam 10, karena busnya di sana baru mulai dan banyak,” kata Charlie.

Baca juga: DAMRI Sediakan Shuttle Bus Gratis di PIK 2, Ini Jadwalnya

3. Bawa kartu

Kartu uang elektronik untuk naik bus wisata Transjakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kartu uang elektronik untuk naik bus wisata Transjakarta.

Untuk naik bus wisata, pengunjung wajib menggunakan kartu uang elektronik. Meski gratis atau Rp 0, penumpang tetap harus melakukan tap in dan tap out di mesin dalam bus.

Beberapa kartu yang bisa digunakan antara lain kartu Flazz, e-Money, Brizzi, Tapcash, JakCard, dan kartu berlogo Jak Lingko.

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata ke Greenbelt PIK 2

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com