Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 10 Juta Wisatawan Kunjungi Lampung hingga September 2023

Kompas.com - 18/11/2023, 16:48 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 10,28 juta wisatawan mengunjungi Provinsi Lampung dari Januari 2023 hingga September 2023, melebihi target yang sudah ditetapkan sebanyak 5,5 juta wisatawan.

"Mengenai perkembangan sektor pariwisata di Lampung ada yang menggembirakan di mana Kementerian Pariwisata (dan Ekonomi Kreatif) telah menyampaikan data kunjungan wisatawan di Provinsi Lampung dan hasilnya memuaskan," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Bobby Irawan, dilansir dari Antara, Sabtu (18/11/2023).

Baca juga: Indonesia AirAsia Buka Rute Bali-Lampung PP, Cek Jadwalnya

Ia melanjutkan bahwa capaian tersebut berkat kerja sama dari berbagai pihak.

Tidak hanya itu, angka tersebut juga mendudukan Lampung di peringkat ketiga dalam daftar daerah dengan jumlah kunjungan wisatawan terbanyak di Sumatera. 

"Lampung menjadi nomor tiga terbesar kunjungan wisatawannya di Sumatera atau dapat diartikan, kita menjadi daerah prioritas ketiga dikunjungi setelah Sumatera Utara serta Sumatera Barat," jelasnya.

Baca juga:

Sempat turun signifikan saat pandemi Covid-19

Hari ke dua Lebaran Idul Fitri, Objek wisata pantai sari ringgung mulai dipadati pengunjung dari wisatawan lokal maupun nasional, Kamis (6/6/2019). Tribunlampung.co.id/Deni Hari ke dua Lebaran Idul Fitri, Objek wisata pantai sari ringgung mulai dipadati pengunjung dari wisatawan lokal maupun nasional, Kamis (6/6/2019).

Jumlah kunjungan wisatawan ke Lampung sempat menurun drastis saat pandemi Covid-19 melanda. Pada tahun 2019, tercatat ada 10,5 juta wisatawan mengunjungi provinsi tersebut, namun pada tahun 2020 turun hingga dua juta wisatawan.

Selanjutnya pada tahun 2021, ada 2,9 juta wisatawan yang melancong ke Lampung, kemudian meningkat pada tahun 2022 menjadi 4,5 juta wisatawan.

Bobby menyampaikan, rentang usia sebagian besar wisatawan yang datang ke Lampung adalah 15-40 tahun sehingga masuk kategori wisata keluarga. 

"Ini memiliki standar paling tinggi sebab kenyamanan, keamanan harus mumpuni untuk menjamin anak-anak menikmati destinasi wisata di sini sehingga dengan adanya angka kunjungan yang tinggi fasilitas pariwisata akan terus ditingkatkan," ucapnya.

Baca juga: Pantai Teluk Hantu di Lampung, Nama Seram yang Ternyata Surga Tersembunyi

Menurutnya, terdapat beragam faktor yang mendorong kenaikan jumlah kunjungan wisatawan di provinsi tersebut, di antaranya berakhirnya pandemi Covid-19, sarana dan prasarana di destinasi wisata yang diperbaiki, dan menggiatnya promosi paket perjalanan wisata.

"Melihat perkembangan sekarang maka kami berani menargetkan kunjungan wisatawan tahun depan bisa di atas 10 juta. Karena selain itu juga banyak destinasi baru saat ini seperti di Lampung Selatan, lalu Bakauheni Harbour City sudah mulai beroperasi bisa menjadi daya tarik wisata juga," jelasnya.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com