Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Keraton Ratu Boko Yogyakarta 

Kompas.com - 22/11/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Keraton Ratu Boko atau Taman Wisata Ratu Boko merupakan salah satu spot melihat panorama matahari terbenam (sunset) terindah di Yogyakarta.

Jika pada umumnya wisatawan menyaksikan sunset dengan panorama pantai, maka di Ratu Boko pengunjung akan disuguhi pemandangan reruntuhan kerajaan masa lampau.

Baca juga:

Melansir dari situs Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, situs ini bukanlah candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Ratu Boko disebut sebagai Keraton Ratu Boko.

Nama Ratu Boko, lantaran menurut legenda, dulunya situs tersebut merupakan istana milik ayah Loro Jonggrang, yakni Ratu Boko. Diperkirakan, situs Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha.

Namun kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Peralihan pemilik tersebut menyebabkan bangunan Keraton Boko dipengaruhi oleh corak Hinduisme dan Buddhisme.

Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Raya Piyungan - Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 5 km ke arah selatan dari Candi Prambanan, atau 15 menit berkendara.

Daya tarik Keraton Ratu Boko 

Ratu Boko di Kabupaten Sleman.SHUTTERSTOCK / Sad Agus Ratu Boko di Kabupaten Sleman.

Keraton Ratu Boko berada di atas bukit dengan ketinggian 195,97 mdpl. Luas seluruh kompleks situs bersejarah ini sekitar 25 hektare, yang terbagi menjadi beberapa area bangunan.

Sebagian besar bangunan situs berupa reruntuhan. Spot paling populer di Keraton Ratu Boko adalah gerbang utama yang menjadi tempat favorit melihat sunset.

Gerbang utama atau gerbang dalam, berada sekitar 15 meter dari gerbang luar. Gerbang utama, terdiri dari lima gapura paduraksa yang bebaris sejajar dengan gerbang luar.

Kelompok gerbang ini terletak di tempat yang cukup tinggi, sehingga wisatawan harus mendaki sekitar 100 meter dari area parkir kendaraan.

Selain bangunan gerbang, Keraton Ratu Boko juga memiliki Alun-alun Ratu Boko yang merupakan tanah lapang dengan rerumputan hijau. Pada beberapa titik, wisatawan bisa menjumpai pohon di Alun-alun Ratu Boko sehingga cocok untuk spot foto Instagramable.

Adapula gazebo, taman, serta situs berupa reruntuhan di Keraton Ratu Boko. Banyak spot foto Instagramable yang bisa dijumpai wisatawan saat berkunjung ke Keraton Ratu Boko.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com