Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Abu Dhabi Bakal Punya Nama Baru Mulai Februari 2024

Kompas.com - 22/11/2023, 17:45 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu bandara tersibuk dan terkenal di dunia, Bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA) akan segera berganti nama. 

Bandara Internasional Abu Dhabi, dikutip dari Simple Flying (22/11/2023), secara resmi akan berganti nama menjadi Bandara Internasional Zayed pada 9 Februari 2024. 

Perubahan nama tersebut dilakukan atas perintah Presiden Uni Emirat Arab (UEA) saat ini, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Baca juga: 8 Fakta Unik Dubai di Uni Emirat Arab, Banyak Pecahkan Rekor Dunia

Perubahan nama bandara, kemungkinan besar dilakukan untuk menghormati mending ayah sekaligus pendiri Uni Emirat Arab (UEA), Zayed bin Sultan Al Nahyan. Ia juga merupakan presiden UEA dari tahun 1971 hingga kematiannya pada 2004.

Nama baru tersebut akan dipakai pada hari yang sama dengan peresmian Terminal A terbaru bandara tersebut.

Terminal baru

Masih ada waktu sekitar tiga bulan sebelum Bandara Abu Dhabi resmi disebut Bandara Internasional Zayed.

Hal ini dilakukan agar perubahan nama tersebut dapat berlaku secara resmi, saat Terminal A baru bandara tersebut juga resmi dinyatakan dibuka.

Dibangun dengan biaya 3 miliar dollar AS, Terminal A telah memulai operasi penerbangan dan menyambut penumpang pertamanya pada 31 Oktober dengan penerbangan Etihad Airbus A350-1000 ke Bandara Internasional Indira Gandhi (DEL) New Delhi, India. 

Baca juga: Liburan ala Backpacker ke Dubai, Apakah Bisa?

Maskapai ini merayakan kesempatan tersebut dengan mengundang seluruh penumpang dalam penerbangan ke ruang tunggu yang baru. Bahkan, sebuah menu khusus dirancang untuk para tamu di penerbangan New Delhi tersebut. 

Sementara itu, Etihad Airways juga secara bertahap mengalihkan operasinya ke terminal baru. Perpindahan terjadi antara tanggal 9 dan 14 November, dan semua penerbangan maskapai tersebut sekarang beroperasi di Terminal A.

@kompastravel Ini sih tempat yang oke banget buat geng introvert! Tempatnya sepi dan punya view yang bagus. Untuk sekadar baca buku atau duduk-duduk doang sih ini oke banget. Sembari ditemani minuman-minuman segar yang dijual di pinggir jalan. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya.. #wisatajakarta #introvertsbelike #introvertspot #explorejakarta #jakartahits #healingjakarta ? Here Comes the Sun - Relaxing Instrumental Music
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com