Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fakta Unik Dubai di Uni Emirat Arab, Banyak Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 02/11/2023, 12:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Dubai merupakan salah satu kota termewah sekaligus destinasi wisata populer di dunia. Dubai identik dengan keberadaan bangunan tertinggi di dunia, yakni Burj Khalifa.

Namun, selain fakta di atas, ada beberapa beragam fakta unik Dubai lainnya yang menarik untuk diketahui.

Baca juga:

Fakta unik Dubai 

Kompas.com merangkum fakta unik Dubai dari sumber Amazing Dubai, Visit Dubai, dan National Geographic sebagai berikut.

1. Dubai bukan negara 

Sebagian masyarakat masih keliru dengan menganggap bahwa Dubai adalah sebuah negara di Timur Tengah. Faktanya, Dubai merupakan sebuah kota di Uni Emirat Arab.

Dubai termasuk dalam tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab, bersama dengan Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Ras Al Khaimah, Sharjah, dan Umm Al Qaiwain.

Luas wilayah Dubai sekitar 35 kilometer persegi, yang merupakan emirat terluas kedua di Uni Emirat Arab setelah Abu Dhabi. Namun dari segi populasi, Dubai merupakan wilayah terpadat di Uni Emirat Arab dengan jumlah penduduk mencapai 3,3 juta jiwa.

2. Mayoritas penduduk adalah pendatang 

Menariknya, mayoritas penduduk Dubai merupakan pendatang dari luar Uni Emirat Arab, seperti India, Pakistan, Libanon, Filipina, Inggris, dan sebagainya. Persentasenya sekitar 85 persen dari total penduduk Dubai, sementara sisanya adalah penduduk asli Uni Emirat Arab.

Ternyata, fakta unik ini juga berlaku secara umum di Uni Emirat Arab. Jumlah penduduk Uni Emirat Arab sekitar 9,44 juta jiwa, berdasarkan informasi dari World Data.

Namun demikian, masyarakat Uni Emirat Arab asli hanya sekitar 15 persen, sedangkan mayoritas merupakan pendatang yang bekerja di Uni Emirat Arab kemudian menetap di sana.

3. Bangunan tertinggi di dunia 

Gedung Burj Khalifa di Dubai.UNSPLASH/ZQ LEE Gedung Burj Khalifa di Dubai.

Seperti disampaikan sebelumnya, ikon Dubai adalah Burj Khalifa yang merupakan bangunan tertinggi di dunia mencapai 828 meter.

Burj Khalifa terdiri dari 163 lantai yang berfungsi sebagai perkantoran, pusat perbelanjaan, destinasi wisata, restoran, hunian, dan sebagainya. Gedung yang dulunya bernama Burj Dubai ini memiliki 57 lift.

4. Mal terbesar kedua di dunia

Tempat wisata bernama Dubai Aquarium & Underwater Zoo di dalam Dubai Mall di Dubai, Uni Emirat Arab.https://www.visitdubai.com/ Tempat wisata bernama Dubai Aquarium & Underwater Zoo di dalam Dubai Mall di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dubai merupakan surga belanja. Bahkan, wisatawan bisa menjumpai mal terbesar kedua di dunia, yakni Dubai Mall yang berada di dekat Burj Khalifa.

Melansir dari Visit Dubai, luas Dubai Mall mencapai satu juta meter persegi, atau setara dengan 200 lapangan sepak bola, serta dilengkapi 1.200 gerai. Bahkan, terdapat akuarium rakasasa di dalam Dubai Mall, yakni Dubai Aquarium & Underwater Zoo.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com