Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan Berkunjung ke MuseumKu Gerabah Yogyakarta, Dilarang Menyentuh Karya Seni 

Kompas.com - 09/12/2023, 23:24 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - MuseumKu Gerabah merupakan galeri seni yang berlokasi di Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata ini, memiliki koleksi aneka gerabah khas Kasongan dan karya seni lainnya. 

Baca juga:

Pemilik MuseumKu Gerabah, Magistyo Tahun Emas Raharjo, menuturkan, MuseumKu Gerabah merupakan ide sang ayah, Timbul Raharjo, karenanya juga dikenal sebagai MuseumKu Gerabah Timbul Raharjo. 

Mendiang Timbul Raharjo, merupakan seniman profesional asli Kasongan sekaligus mantan rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. 

“Salah satu fungsi MuseumKu Gerabah ini, untuk mengenalkan kembali bahwa Desa Kasongan ini punya kekayaan gerabah,” tuturnya kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2023). 

Area di MuseumKu Gerabah, Kasongan, Bantul, Yogyakarta, Jumat (8/12/2023). Kompas.com/ULFA ARIEZA Area di MuseumKu Gerabah, Kasongan, Bantul, Yogyakarta, Jumat (8/12/2023).

Berbeda pada museum kebanyakan, bangunan MuseumKu Gerabah sangat estetis. Wisatawan akan disambut dengan aneka macam karya seni yang indah dan unik saat memasuki area MuseumKu Gerabah. 

Menariknya, bangunan di MuseumKu Gerabah memiliki makna yang berkaitan dengan gerabah dan Desa Kasongan. Salah satunya adalah bangunan berbentuk bulat yang ternyata menggambarkan kendi alias tempat air minum dari tanah liat. 

“Gedung besar di tengah itu idenya adalah kendi terbalik, karena Kasongan awalnya menggunakan tanah liat untuk alat masak, seperti kendi dan keren atau kompor kayu tradisional,” terangnya. 

Baca juga:

Magistyo menuturkan, desain bangunan MuseumKu Gerabah merupakan buah karya sang ayah. Pembangunan seluas 2.000 meter persegi ini, membutuhkan waktu selama tiga tahun, hingga akhirnya dibuka secara resmi pada 8 November 2023 lalu. 

Jika ingin berkunjung, MuseumKu Gerabah berlokasi di Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. MuseumKu Gerabah buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com