Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan ke Pameran Jalur Rempah di Jakarta, Diusulkan Jadi Warisan Dunia ke UNESCO

Kompas.com - 12/12/2023, 18:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran bertajuk Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia digelar oleh Museum dan Cagar Budaya (MCB), yang juga dikenal sebagai Indonesian Heritage Agency (IHA). 

Pameran tersebut menjadi salah satu ajang sosialisasi agar masyarakat semakin mengenal rempah-rempah di Nusantara, sebelum tahun 2024 nantinya akan diajukan sebagai warisan dunia ke UNESCO.

Baca juga: Pameran Jalur Rempah Digelar di Jakarta, Cuma sampai 31 Desember

“Jalur Rempah ini adalah jalur perdagangan dari Nusantara ke daerah-daerah di Asia, Eropa, bahkan hingga Afrika,” kata Edukator Pameran Jalur Rempah, Junia saat ditemui di lokasi, Minggu (11/12/2023).

Ia menambahkan, jalur rempah lebih dari sekadar perdagangan karena di dalamnya terdapat proses pertukaran bahasa, budaya, dan agama.

Pameran ini menghadirkan enam instalasi utama yaitu Area Koleksi Jalur Rempah, Replika Bas Relief Borobudur, Herbarium Tanaman Rempah, Instalasi Peta Interaktif Jalur Rempah, Panel Aplikasi Rempah Internasional, dan Instalasi Interaktif Replika Kapal Borobudur.

Obyek yang ditampilkan dalam pameran berjumlah 35 buah, dari prasasti, aneka rempah, hingga mata uang kuno yang berkaitan dengan rempah-rempah di Nusantara.

Panduan ke Pameran Jalur Rempah

Pameran Jalur Rempah di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, pada 9-31 Desember 2023. Suasana pada hari Minggu (10/12/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pameran Jalur Rempah di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, pada 9-31 Desember 2023. Suasana pada hari Minggu (10/12/2023).

Waktu dan lokasi

Pameran Jalur Rempah digelar di Museum Kebangkitan Nasional, yang beralamat di Jalan Abdul Rachman Saleh Nomor 26, Senen, Jakarta Pusat.

Pameran ini diselenggarakan selama kurang lebih tiga minggu, tepatnya mulai Sabtu (9/12/2023) hingga Minggu (31/12/2023).

“Pameran Jalur Rempah digelar setiap hari. Untuk weekdays (hari kerja) Senin-Jumat pukul 10.00-16.00 WIB, sedangkan weekend (akhir pekan) 11.00-21.00 WIB,” kata Junia.

Baca juga: Pameran Jalur Rempah: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket

Harga tiket

Untuk mengunjungi pameran ini, masyarakat wajib membeli tiket masuk Museum Kebangkitan Nasional karena lokasinya ada di dalam area museum.

Tiket masuk pengunjung anak mulai dari Rp 500 per orang jika datang bersama rombongan, dan mulai dari Rp 1.000 per orang jika datang perorangan.

Sementara itu, tiket masuk pengunjung dewasa mulai Rp 1.000 per orang jika datang rombongan, dan mulai dari Rp 2.000 per orang jika datang sendiri.

Tiket masuk pameran bisa dibeli secara online (daring) atau langsung di tempat.

Baca juga: Napak Tilas Jalur Rempah Nusantara di Surabaya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com